Peserta SMN Gorontalo ikuti pelatihan jurnalistik

id Peserta SMN Gorontalo ikuti pelatihan jurnalistik

Pewarta LKBN Antara Biro Gorontalo, Debby Hariyanti Mano memberikan materi penulisan artikel dan berita kepada peserta SMN di Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (7/8/2019). (Foto Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 Gorontalo mengikuti pelatihan jurnalistik serta bermedia sosial sebelum berangkat ke Jawa Timur dalam rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN), Rabu.

Pemberian pembekalan ilmu jurnalistik tersebut digelar di Balroom Gran Q Hotel Kota Gorontalo dengan pemateri penulisan artikel dan berita oleh Debby Hariyanti Mano (pewarta LKBN Antara Gorontalo) dan Adiwinata Solihin (Pewarta Foto Antara).

Pada pelatihan itu, para peserta dikenalkan mengenai penulisan artikel atau Informasi faktual secara lengkap dengan panjang tertentu untuk dipublikasikan melalui koran, majalah, atau internet.

Serta penulisan berita yang merupakan laporan tentang suatu peristiwa, opini, kecenderungan, situasi, kondisi interpretasi yang penting, menarik, masih baru dan harus disampaikan secepatnya kepada khalayak.

Peserta juga dibekali dengan teknik penulisan berita mulai dari judul, baris tanggal, teras berita hingga tubuh berita.

Sedangkan untuk foto jurnalistik, ke 24 peserta dikenalkan dengan teknik dan pengambilan foto tunggal dan foto cerita sebagai bekal dalam perjalanan saat mengikuti SMN di Jawa Timur nanti.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Bank Mandiri Gorontalo, Iman Achmadi mengatakan pada hari ini, Selasa (7/8) merupakan hari pertama pembekalan bagi peserta SMN Gorontalo.

"Pada kegiatan pembekalan ini juga para siswa diberikan pengetahuan tentang kebudayaan, faktor sosiologi, geografis dan alam dari Provinsi Jawa Timur yang menjadi daerah tujuan untuk proses adaptasi," ujarnya.

Iman mengatakan jika program SMN yang akan diikuti oleh 24 siswa Gorontalo dan guru berprestasi itu bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air kepada para peserta.

Rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Gorontalo diselenggarakan oleh Bank Mandiri selaku koordinator serta PT PPI, Djakarta Lloyd dan Indonesia Reasuransi Indonesia Utama selaku wakil koordinator.

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Jaka Sugiyanta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar