Perusahaan kosmetik Korsel gandeng ITB kembangkan produk berbahan dasar tanaman

Perusahaan kosmetik Korsel gandeng ITB kembangkan produk berbahan dasar tanaman

Penandatanganan MoU antara Cosmax dan Sekolah Farmasi ITB di Bandung, Kamis

Bandung (ANTARA) Perusahaan kosmetik manufaktur (ODM) asal Korea Selatan PT Cosmax Indonesia menggandeng Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan rangkaian penelitian bersama terhadap material kosmetik berbahan dasar tanaman asli Indonesia yang nantinya produk tersebut akan diperkenalkan ke seluruh dunia.

Kerjasama riset tersebut dituangkan dalam MoU tentang Tanaman Asli Indonesia yang ditandatangani oleh pihak PT Cosmax Indonesia dan Sekolah Farmasi ITB di Kampus ITB, Bandung pada Kamis (6/2). 

Dalam kerja sama tersebut, Cosmax Indonesia dan Sekolah Farmasi ITB akan melakukan tes purwarupa dan uji klinis terhadap bahan kosmetik baru yang akan dikembangkan, serta akan mendaftarkannya ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM).

Kemudian material kosmetik yang menggunakan tanaman asli Indonesia tersebut nantinya akan dipasarkan ke seluruh dunia seperti Korea, China, Amerika dan negara lainnya melalui Global Network Cosmax Group.

"Joint Research ini akan menjadi peluang berharga untuk berkontribusi pada perkembangan industri Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya alam Indonesia yang kaya dalam industri, ujar Dekan Sekolah Farmasi ITB, Prof.Dr. Daryono Hadi Tj., M.Sc. di sela-sela acara penandatanganan MoU. 

Sementara itu, Direktur RNI Center Cosmax, Park Myeong-Sam, optimistis kerja sama ini akan berdampak positif bagi industri kosmetik dunia. Cosmax dan Sekolah Farmasi ITB ini juga berencana meneliti tanaman yang memiliki fungsi Anti-Acne, Anti-Oxidant dan Brightening dengan material ekstrak dari tanaman asli Indonesia.

Ini adalah langkah awal untuk memperkenalkan alam Indonesia dan teknologi Korea kepada dunia melalui kerjasama riset antara Cosmax dan ITB, tegasnya.

Selain itu, dengan menghadirkan unsur alam ke dalam produk kecantikan diyakini juga akan berdampak positif terhadap pertumbuhan industri kecantikan. Dengan meningkatnya minat pada kosmetik yang berpusat pada konsumen milenial, kami berharap dapat memberikan kecantikan dari alam ke pasar kosmetik Indonesia, yang telah mencatat pertumbuhan lebih dari dua digit setiap tahunnya, jelas Presiden Direktur Cosmax Indonesia, Cheong Min-Kyoung. 
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024