Menpar bekali konsep Nomadic Tourism kepada para finalis PPI 2018

Menpar bekali konsep Nomadic Tourism kepada para finalis PPI 2018

Menpar Arief Yahya (ketiga dari kanan depan) berfoto bersama CEO Yayasan El John Johnnie Sugiarto (kedua dari kiri) dan jajaran PPI

Jakarta (Antara News) -- Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan pembekalan berupa konsep pariwisata Nomadic Tourism atau wisata nomad kepada 38 finalis Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2018 di acara Welcome Dinner and Press Conference di kantor Kementerian Pariwisata, Senin.

"Ini (Nomadic Tourism) menjadi salah satu solusi untuk melahirkan 10 Bali Baru, sebagaimana yang selalu digaungkan oleh Presiden Joko Widodo," ujar Arief membuka sambutannya.

Konsep Nomadic Tourism lahir dari keterbatasan infrastruktur dan luasnya bumi Indonesia sehingga menyulitkan pemerintah untuk membangun infrastruktur dan akses jalan ke berbagai destinasi wisata eksotis yang terpencil di seluruh pelosok Indonesia. 

Dengan ditopang tiga pilar infrstruktur temporer, yakni nomadic access (seaplane), nomadic accomodation (glamping), dan nomadic attraction (liveaboard), sebuah destinasi wisata baru sudah dapat dinikmati oleh wisatawan.

Lebih lanjut, Arief mengakui, meskipun Nomadic Tourism merupakan solusi pariwisata temporer, tapi lambat laun konsep ini akan semakin diminati baik oleh wisatawan selaku konsumen maupun pihak industri. 

"Sama halnya seperti kartu prabayar yang diciptakan awalnya hanya untuk solusi komunikasi sementara yang murah, tapi nyatanya jadi permanen," lanjutnya.

Telah digelar sebanyak 11 kali, ajang PPI merupakan kontes kecantikan di Indonesia yang diselenggarakan sejak tahun 2008 oleh Yayasan El John. Pemenang Putri Pariwisata Indonesia akan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Tourism International.

CEO El John Group Johnnie Sugiarto menambahkan, penyelenggaraan PPI 2018 mengusung tema 'Enjoying Indonesia's Wonderful Sport Tourism' untuk mendukung pesatnya pertumbuhan wisata olahraga di Tanah Air.

"Setelah sukses menggelar Asian Games 2018, Indonesia memiliki calendar of event yang pada 2018 hingga 2019. Untuk itu, lewat PPI, kami ingin turut mengkampanyekannya ke seluruh dunia," tutupnya. 
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024