Jakarta (ANTARA) - Indonesian Heritage Agency (IHA) menyampaikan rekomendasi tiga museum di Jakarta yang dapat dikunjungi masyarakat untuk menumbuhkan dan membangkitkan semangat nasionalisme termasuk dalam memaknai Hari Lahir Pancasila.

Berikut tiga rekomendasi museum sejarah di Jakarta seperti dalam keterangan IHA di Jakarta, Rabu.

1. Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional di Jakarta menempati bangunan bersejarah yang dahulu merupakan sekolah kedokteran pertama di Indonesia yang didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda, STOVIA.

Sebagai saksi lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908, tempat ini tidak hanya menjadi tempat pendidikan, tetapi juga menjadi tempat lahirnya semangat kebangsaan di kalangan pemuda Indonesia.


2. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda di Jakarta mengabadikan peristiwa bersejarah pada 28 Oktober 1928, saat para pemuda dari berbagai daerah Indonesia bersumpah untuk bersatu.

Dikelola oleh IHA, museum ini menampilkan koleksi berharga termasuk biola WR.Supratman yang digunakan untuk mengumandangkan lagu "Indonesia Raya" pertama kali.

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jakarta, yang terletak di sebuah bangunan bergaya Art Deco, merupakan saksi bisu perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 16 Agustus 1945.

Museum ini menyimpan artefak penting termasuk mesin tik yang digunakan untuk mengetik naskah proklamasi. Pameran di museum Perumusan Naskah Proklamasi menggambarkan proses perumusan secara komprehensif dan menampilkan lebih dari seribu benda bersejarah terkait perjuangan kemerdekaan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ini tiga museum di Jakarta untuk bangkitkan nasionalisme

Pewarta : Lia Wanadriani Santosa
Editor : Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2024