Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan sejumlah apresiasi kepada para pegiat literasi di wilayah ini dalam rangkaian memperingati Hari Kunjung Perpustakaan.

Apresiasi bagi para pegiat literasi ini diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Pendopo Parasamya Sleman, Kamis.

Acara yang diinisiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman tersebut menghadirkan pengelola perpustakaan, pengelola Taman Bacaan Masyarakat, hingga perwakilan siswa-siswi SD.

Apresiasi diserahkan Danang Maharsa kepada pemustaka dengan kategori terbaik, terfavorit, keanggotaan terbanyak, anggota tertua dan anggota termuda.

Selain itu, juga diserahkan bantuan untuk masyarakat berupa pojok baca, papan nama, rak buku dan buku dengan total senilai Rp75 juta lebih.

Dia mengatakan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan menjadi pengingat akan pentingnya peran perpustakaan dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam sumber pengetahuan, perkembangan pendidikan dan literasi masyarakat.

Untuk itu, Danang mengajak masyarakat untuk lebih optimal dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

"Mari kita bangun kolaborasi dan sinergi bersama para pejuang literasi dari unsur pemerintah, swasta, hingga masyarakat untuk menumbuhkan minat dan menghadirkan kegemaran membaca mulai dari keluarga, dunia pendidikan dan seluruh aktivitas masyarakat," katanya.

Danang berharap, bantuan yang telah diserahkan juga dapat semakin meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Sleman. Dengan begitu dapat terwujud visi Kabupaten Sleman sebagai rumah bersama yang cerdas, sejahtera, berdaya saing, menghargai perbedaan dan memiliki jiwa gotong royong.

Pada peringatan Hari Kunjung Perpustakaan juga dilakukan penyerahan Digital Literasi Corner secara simbolis untuk 13 lokasi yang tersebar di Kabupaten Sleman.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Abu Bakar mengatakan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan merupakan bagian dari upaya menumbuhkan semangat masyarakat untuk lebih gemar membaca.

"Hal ini juga menjadi wujud komitmen Pemkab Sleman untuk terus menggerakkan kegiatan layanan perpustakaan dan menyebarkan budaya membaca di masyarakat," katanya.

Menurut dia, rangkaian peringatan Hari Kunjung Perpusatakaan ini juga dilaksanakan Workshop dari Baca Menjadi Karya dengan tema Perawatan Anggrek Sebagai Peluang Bisnis untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga dengan menghadirkan Narasumber DraLucyia Damayati.

"Di samping menumbuhkan semangat masyarakat untuk gemar membaca, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan komitmen bersama untuk menggerakkan kegiatan layanan perpustakaan serta menyebarkan budaya membaca di masyarakat," katanya.

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024