Yogyakarta (ANTARA) - Berbicara tentang pola hidup sehat, olahraga ringan seperti jogging di pagi hari bisa Anda terapkan. Selain tidak memerlukan biaya dalam kegiatan ini, Anda juga dapat menikmati matahari pagi yang akan membantu memberi asupan Vitamin D demi kesehatan tulang dan gigi. Jogging pagi membantu mencegah penyakit jantung dan stroke dengan mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

Salah satu cabang organisasi kesehatan yaitu PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Kota Bangli, Provinsi Bali dengan alamat website pafipcbangli.org menjelaskan bahwa jogging di pagi hari terbukti meningkatkan kualitas tidur malam hari.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari memiliki fase tidur yang lebih nyenyak dibandingkan dengan yang berolahraga di sore atau malam.

Dalam melakukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat utama dari jogging di pagi hari, PAFI Kabupaten Tolikara dengan alamat website pafikabtolikara.org melakukan kajian dan penelitian lebih lanjut tentang manfaat jogging di pagi hari. Apa saja tips yang dapat dilakukan saat melakukan jogging agar lebih menyenangkan dan sehat.

Apa saja manfaat utama dari jogging pagi setiap hari bagi kesehatan? Foto ilustrasi. (ANTARA/HO-freepik dari Freepik)
Jogging setiap pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yang dapat mendukung kesejahteraan fisik dan mental. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari jogging setiap hari:

1. Menjaga kesehatan jantung
Jogging di pagi hari dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat jantung, membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan menurunkan risiko serangan jantung.

2. Meningkatkan kesehatan paru-paru
Aktivitas seperti jogging dapat memperkuat otot-otot pernapasan dan meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga membantu dalam pengelolaan kondisi pernapasan seperti asma.

3. Menurunkan berat badan
Jogging dipagi hari dapat membakar kalori secara efektif, membantu dalam pengendalian berat badan dan mencegah obesitas. Sekitar 300 kalori dapat terbakar dalam setengah jam jogging.

4. Meningkatkan suasana hati
Jogging di pagi hari dapat merangsang pelepasan hormon endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi serta stres.

5. Menguatkan sistem imun
Olahraga seperti jogging dapat meningkatkan respons tubuh terhadap infeksi dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan kualitas tidur
Rutin jogging di pagi hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur malam hari, memberikan tidur yang lebih nyenyak.

Dengan berbagai manfaat tersebut, jogging pagi menjadi pilihan olahraga yang ideal untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Bagaimana jogging pagi dapat membantu mengatasi depresi atau stress bekerja?
  Foto ilustrasi. (ANTARA/HO-freepik dari Freepik)
Jogging di pagi hari dapat menjadi alat yang efektif dalam mengatasi depresi melalui beberapa mekanisme yang telah diteliti secara ilmiah. Berikut adalah manfaat jogging yang dapat membantu meredakan gejala depresi:

1. Penurunan kadar kortisol
Jogging dipagi hari secara rutin dapat menurunkan kadar kortisol, hormon yang dilepaskan saat tubuh mengalami stres. Penelitian menunjukkan bahwa individu yang berolahraga secara teratur mengalami penurunan kadar kortisol sepanjang hari, yang berkontribusi pada pengurangan gejala depresi.

2. Peningkatan hormon endorfin
Aktivitas fisik seperti jogging merangsang pelepasan endorfin, yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan". Peningkatan kadar endorfin dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan euforia, membantu meredakan gejala depresi.

3. Peningkatan kualitas tidur
Jogging pagi dapat meningkatkan kualitas tidur malam hari. Tidur yang lebih baik berhubungan langsung dengan kesehatan mental yang lebih baik, termasuk pengurangan gejala depresi.

Dengan melakukan olahraga jogging di pagi hari, tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga merupakan strategi efektif untuk mendukung kesehatan mental dan mengatasi depresi.

 

Pewarta : SP
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024