Yogyakarta (Antara Jogja) - Lokasi objek wisata memerlukan penunjuk arah yang jelas guna memudahkan wisatawan saat akan mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta, kata praktisi pariwisata dan kebudayaann Widi Utaminingsih.

"Dalam upaya meningkatkan layanan kepada wisatawan sudah saatnya pengelola objek wisata di daerah ini memasang papan penunjuk arah jalan menuju objek wisata itu dengan jelas," kata Widi Utaminingsih yang juga Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta itu, Minggu.

Menurut dia, papan penunjuk arah jalan menuju objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dinilai masih kurang terutama objek wisata yang belum banyak dikenal wisatawan.

Dengan kondisi seperti itu membuat banyak wisatawan mengaku bingung ketika akan menuju objek wisata di wilayah DIY. Di Gunung Kidul misalnya, beberapa papan nama penujuk jalan justru sangat minim jumlahnya, padahal objek wisata pantai di wilayah itu sekarang banyak diminati wisatawan.

"Pemasangan papan penunjuk jalan menuju objek wisata sebagai bentuk layanan kepada wisatawan dengan tujuan agar mereka merasa mudah dalam perjalanan menuju objek wisata. Wisatawan jangan dibuat bingung saat hendak menuju objek wisata," kata Widi yang yayasannya bergerak di bidang studi pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Menurut dia, papan penuujuk arah jalan menuju objek wisata sangat penting bagi wisatawan terutama yang datang secara perorangan tanpa pemandu wisata. Mereka akan merasa dimudahkan dengan adanya papan penunjuk jalan menuju objek wisata yang terlihat jelas.

"Pemasangan papan penunjuk arah menuju obejk wisata ini merupakan soal sepele tapi bagi wisatawan sangat penting. Karena kalau tidak ada papan penujuk jalan bisa tersesat atau waktu perjalanan bisa lebih lama," katanya.

Ia mengatakan pemerintah setempat khususnya Dinas Pariwisata hendaknya mencermati masalah sepele ini jika ingin meningkatkan layanan kepada wisatawan yang mengunjungi objek wisata di wilayahnya.

"Saat ini persaingan dalam pelayanan kepada wisatawan makin kompetitif di masing-masing daerah dalam upaya menarik minat kunjungan wisatawan. Jadi, meskipun terkesan sepele namun pemasangan papan penunjuk arah jalan menuju objek wisata sangat penting," katanya.

(H008)

Pewarta : Oleh Heru Jarot Cahyono
Editor : Mamiek
Copyright © ANTARA 2024