Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Kabalitbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Hary Budiarto mengatakan kepemimpinan digital menjadi hal yang penting agar masyarakat Indonesia mampu menjawab tantangan digitalisasi global.

"Digital leadership (kepimpinan digital) menjadi kemampuan yang dituntut untuk dimiliki para pimpinan masa kini. Mereka diajak untuk memiliki mindset (pola pikir) digital," kata Hary di Jakarta, Rabu (29/3) malam.

Pola pikir digital yang dimaksud ialah cara pandang seorang pemimpin untuk bisa memberikan solusi yang lebih efektif dengan memanfaatkan digitalisasi. Menurut Hary ada tiga langkah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kepemimpinan digital di Indonesia.

Langkah pertama ialah menerapkan sikap adaptif, artinya para talenta di level pimpinan harus mau mengadopsi perkembangan digitalisasi dan teknologi yang tengah hangat. Misalnya pada tahun lalu ramai dibincangkan teknologi bernama metaverse, setidaknya para pimpinan bisa mempelajari dan mengenal lebih jauh potensi teknologi tersebut untuk bisnis atau pun bagi masyarakat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kepemimpinan digital dinilai penting menjawab tantangan digitalisasi

Pewarta : Livia Kristianti
Editor : Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2024