Sleman (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat selama musim kemarau hingga pertengahan September 2024 belum ada wilayah yang mengajukan bantuan distribusi air bersih.

"Hingga menjelang musim hujan tahun ini masih zero dropping bantuan air bersih," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Rabu.

Ia menyebutkan wilayah yang sebelumnya hampir selalu mengalami kekeringan, yakni Kapanewon (Kecamatan) Prambanan, Gamping, sedangkan wilayah yang rawan terjadi kekeringan yakni Kapanewon Tempel dan Moyudan.

"Hingga saat ini wilayah-wilayah tersebut belum mengajukan permohonan bantuan air bersih. Hal ini dapat diartikan bahwa kebutuhan air bersih di wilayah tersebut masih mencukupi, baik untuk keperluan rumah tangga maupun ternak," katanya.

Ia mengatakan, untuk wilayah yang paling sering dilanda kekeringan yakni Prambanan dan Gamping, sekarang sudah aman. Dua wilayah ini sudah bebas dari ancaman bencana kekeringan karena sudah mendapat pasokan air dan bisa memenuhi kebutuhan bagi warga.

"Kapanewon Prambanan mendapat pasokan air dari sumber air di perbatasan Kapanewon Berbah dan Kalasan. Di sana telah dibangun Intalasi Pengelolaan Air Minum Pandekan untuk keperluan air warga," katanya.

Sementara, kata dia, di Kapanewon Gamping warga telah menjadi pelanggan PDAM sehingga tidak lagi mengalami kekeringan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Bambang Kuntoro mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran distribusi air bersih bagi masyarakat yang kesulitan air bersih.

"Anggaran senilai Rp15 juta untuk distribusi air bersih lebih kurang 40 tangki. Anggaran ini pada dokumen pelaksanaan anggaran (DPA). Kalau nanti kurang, ada anggaran biaya tambahan (ABT). Tetapi harapannya tahun ini tidak ada penyaluran air bersih. Jadi mudah-mudahan, anggarannya tidak digunakan, karena anggaran itu hanya untuk antisipasi," katanya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD: Belum ada wilayah di Sleman minta bantuan air bersih

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024