Yogyakarta (ANTARA) - Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) bagian dari Bukalapak, kembali melanjutkan komitmennya untuk memberdayakan agen pulsa dan pemilik warung melalui acara edukatif Spesial Kumpul Juwara (SKJ). Setelah sukses di berbagai kota, SKJ kali ini hadir di Solo (26/2) dan Yogyakarta (29/2). Acara ini bertujuan untuk mentransformasi pelaku usaha mikro agar dapat berperan lebih besar sebagai agen inklusi keuangan.

Komunitas Juwara adalah komunitas agen pulsa dan pemilik warung terbesar di Indonesia, yang telah merangkul ratusan ribu anggota di lebih dari 50 kota/kabupaten di seluruh tanah air. Dalam acara SKJ, ratusan pemilik warung dan agen pulsa tidak hanya berkesempatan untuk berjejaring, tetapi juga mendapatkan pengetahuan teknis terkait produk dan layanan virtual unggulan, seperti Voucher Games dan QRIS.

Kedua produk ini membantu Mitra memperluas variasi layanan yang ditawarkan sekaligus memperkuat posisi kiosnya sebagai sentra layanan digital dan keuangan. Dengan kemampuan ini, Mitra Bukalapak dapat terus menghadirkan akses ke layanan finansial pada seluruh pelanggan dan menjangkau lapisan masyarakat yang tidak tersentuh oleh layanan keuangan formal.

Selain memperkenalkan produk-produk tersebut, SKJ kali ini juga bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY. Kolaborasi ini menghadirkan edukasi penting terkait penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran digital, pengembangan UMKM, serta kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

Selain pemaparan teknis, SKJ menyuguhkan sesi inspiratif bertajuk Juwara Bercerita, di mana pemilik warung dan agen pulsa belajar mengelola bisnis kecil agar lebih berdampak dan berkembang. Melalui sesi bersama Irma, Juragan asal Sleman, peserta mendapatkan tips sukses, termasuk cara menambah pendapatan melalui ekspansi produk virtual, yang menjadikan kios sebagai solusi belanja harian di lingkungan sekitar.

"Lewat program edukasi berkelanjutan yang diinisiasi oleh Komunitas Juwara, agen pulsa dan pemilik warung didukung untuk terus mengembangkan pengetahuan mereka tentang produk dan layanan. Dukungan ini bersifat dua arah, di mana tim Mitra Bukalapak dan para praktisi ahli berperan aktif dalam berbagi ilmu dan pengalaman. Selain itu, sharing session yang dihadirkan langsung dari Mitra untuk Mitra memberikan ruang bagi para pelaku usaha untuk saling berbagi kiat praktis dalam mengelola bisnis," ujar Tine Ervina, SVP of Bukalapak.

Berkat berbagai fitur produk virtual serta program edukasi dari Komunitas Juwara, Mitra Bukalapak mencatat peningkatan pendapatan yang signifikan di kalangan anggotanya, dengan rata-rata mengalami pertumbuhan hingga tiga kali lipat. Selain itu, banyak agen pulsa dan pemilik warung yang berhasil memperbesar usaha mereka, bahkan sampai membuka kios cabang dan mempekerjakan karyawan.

Irma, yang sebelumnya berpengalaman sebagai pramuniaga hingga manajer toko di pusat perbelanjaan, memutuskan membuka warung sembako pada tahun 2011. Baginya, kunci kesuksesan adalah kemampuan beradaptasi. Setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak, warungnya berkembang dengan menyediakan berbagai produk virtual, seperti token listrik, kirim uang, dan QRIS yang diminati kalangan muda.

Untuk memperkuat usahanya, Irma terus mengembangkan pengetahuan bisnisnya melalui partisipasi dalam berbagai komunitas. "Dengan bertambahnya jaringan pertemanan, ilmu juga pasti bertambah. Pelatihan dari Komunitas Juwara sangat membantu saya maju dan lebih memahami bisnis," ujarnya.

Senada, Zulfikar, pemilik kios pulsa di Yogyakarta, juga mengalami transformasi usahanya. Sempat bekerja sebagai customer service bank, ia memutuskan banting setir menjadi agen pulsa. Bergabung dengan Mitra Bukalapak pada 2019 membuka peluang baginya untuk memperluas layanan dari hanya menjual pulsa hingga mencakup pembayaran listrik, isi ulang dompet digital, dan kirim uang.

Kini, Zulfikar berhasil mengelola dua kios dengan lebih dari 100 transaksi harian dan membuka lapangan kerja baru dengan mempekerjakan beberapa karyawan. Kesuksesan tersebut tidak hanya datang dari ekspansi produk, tetapi juga dari belajar semangat pemiliknya.

"Mitra Bukalapak dan Komunitas Juwara memberi saya akses ke berbagai konten edukasi yang memperkaya pengetahuan bisnis saya. Saya juga termotivasioleh banyak video inspiratif di YouTube yang membantu saya terus berkembang," katanya.

Hasil dari kerja keras dan tekadnya ini membuahkan hasil yang luar biasa. Selain membiayai kebutuhan keluarganya, Zulfikar kini telah membeli rumah dari pendapatan kedua kiosnya.

Pewarta : SP
Editor : Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024