Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta dr. Iskandar, Sp.B.Subsp. Onk(K), menekankan pentingnya kesadaran kanker payudara pada usia remaja, utamanya perempuan.

Kesadaran akan kanker payudara bagi remaja perempuan sangat penting karena dapat membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengenali tanda-tanda awal penyakit ini serta memahami faktor risikonya.

“Penyuluhan mengenai kanker payudara terhadap remaja sedini mungkin harus dilakukan, untuk menemukan kanker payudara di stadium awal,” kata Iskandar pada acara penyuluhan kanker payudara oleh CHARM dan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) di Jakarta, Rabu.

Iskandar menyebut, dengan pengetahuan kanker payudara yang dipahami sedini mungkin, dapat memungkinkan ditemukannya kasus kanker payudara yang masih pada stadium awal, di mana harapan hidupnya masih dapat terbantu.
 

“Untuk stadium awal (kanker payudara) kelangsungan hidupnya cukup bagus, bahkan 90 persen pasiennya akan sembuh total. Jadi, sedini mungkin ditemukan kasusnya, progresnya penyembuhannya akan semakin bagus,” jelasnya.

Dengan edukasi yang tepat, remaja perempuan dapat mengadopsi gaya hidup sehat dan menjalani pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), yang merupakan langkah awal dalam deteksi dini.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter tekankan pentingnya kesadaran kanker payudara pada remaja

Pewarta : Pamela Sakina
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024