Yogyakarta (ANTARA) - Pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-268 Kota Yogyakarta, Senin, Tokopedia dan ShopTokopedia mengajak masyarakat makin bangga menggunakan produk dari brand lokal, khususnya UMKM, dengan membagikan rekomendasi brand asal Kota Yogyakarta. Aneka produk dari ragam kategori bisa ditemukan lebih mudah lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia maupun ShopTokopedia.

"Ada jutaan penjual, termasuk brand dari Kota Yogyakarta, di platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Masyarakat bisa lebih mudah menemukan dan menggunakan produk dari brand lokal, termasuk di momen HUT ke-268 Kota Yogyakarta, lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia. Beli Lokal juga bertujuan meningkatkan awareness dan penjualan brand lokal di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Kota Yogyakarta," kata Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce Antonia Adega.

"Beli Lokal merupakan inisiatif kolaboratif yang diluncurkan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia pada akhir tahun 2023 lalu bersama pemerintah. Sejalan dengan tema HUT ke-268 Kota Yogyakarta, yaitu Rikat, Rakit, dan Raket, Beli Lokal diharapkan bisa mendukung brand lokal Yogyakarta untuk selalu bergerak dan bekerja cepat (rikat) demi menjaga relevansi di era digital, berkontribusi dalam proses saling melengkapi dan menyempurnakan (rakit) ekosistem UMKM berbasis digital, dalam kebersamaan yang saling mendukung (raket) lewat beragam kolaborasi," ujar Antonia.

Pada skala nasional, kampanye Beli Lokal di Tokopedia membuat sejumlah produk, seperti popok, hampers, dan aksesoris kamera, mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi dengan rata-rata hampir 9 kali lipat pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2023. Di sisi lain, lewat Beli Lokal di ShopTokopedia, sejumlah produk, seperti parfum, deodoran, dan hijab, mengalami peningkatan tertinggi jumlah transaksi dengan rata-rata lebih dari 3,5 kali lipat pada periode Maret-Mei 2024 dibandingkan Maret-Mei 2023.

Animo warga Kota Yogyakarta dalam belanja online cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Di Kota Yogyakarta, sejumlah produk, seperti hampers makanan, fashion Muslim, serta make up, mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui Tokopedia dengan rata-rata hampir 2 kali lipat pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2023. Produk kebutuhan, mulai dari kategori kecantikan dan perawatan tubuh, makanan dan minuman, fashion, rumah tangga, dan masih banyak lagi, bisa ditemukan dari brand lokal asal Yogyakarta di Tokopedia maupun ShopTokopedia.

"Kota Yogyakarta patut berbangga karena memiliki brand lokal yang bergerak di berbagai industri. Tokopedia dan ShopTokopedia pun akan terus membantu tumbuh kembang merek-merek besutan pelaku usaha di Kota Yogyakarta khususnya UMKM agar produk mereka makin menjadi pilihan masyarakat, dan ekonomi lokal makin hidup, dengan mengupayakan sejumlah inisiatif salah satunya Beli Lokal," kata Antonia.

Salah satu brand Yogyakarta di Tokopedia dan ShopTokopedia yang menawarkan produk lokal kecantikan dan perawatan tubuh, seperti cleanser, serum, moisturizer, dan parfum, adalah Skinouru (toko/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia). Ada juga Real White (toko/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia) yang menyediakan produk perawatan wajah, misalnya toner, serum, lotion, dan masih banyak lagi.

Bagi pencinta makanan manis, banyak sekali brand lokal Yogyakarta yang bisa menjadi tujuan. Misalnya, Bakpia 25 (toko/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia) yang menjual camilan khas Yogyakarta bakpia, dan Chocolate Monggo (toko/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia) yang menyediakan cokelat dengan banyak varian rasa hingga hampers untuk momen-momen spesial. Produk dari Bakpia 25 dan Chocolate Monggo juga dapat ditemukan melalui halaman Beli Lokal di Tokopedia maupun ShopTokopedia.

Contoh brand lokal Yogyakarta di Tokopedia yang menyediakan produk fashion adalah Artine Kain. Setiap produk fashion yang ditawarkan Artine Kain memiliki makna tersendiri. Misalnya, outer bermotif Sidomukti yang melambangkan doa terbaik bagi sesama manusia, atau kupu-kupu yang mengisyaratkan metamorfosa menjadi pribadi yang lebih baik. Produk Artine Kain pun menggunakan serat benang yang ramah lingkungan.

Brand lokal Yogyakarta di Tokopedia dan ShopTokopedia yang menyediakan tas dengan berbagai ragam, mulai dari tas selempang, hand bag, tote bag, ransel, dan masih banyak lagi, adalah Revele Leather (toko/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia). Masyarakat bisa menemukan Revele Leather pada halaman Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, dan memanfaatkan penawaran menarik agar belanja makin terjangkau.

Untuk mempercantik rumah, masyarakat bisa mendapatkan produk rumah tangga dari brand lokal Yogyakarta di Tokopedia maupun ShopTokopedia, seperti Dekayu (toko/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia) dan Liwa Project. Dekayu menawarkan produk dekorasi rumah, alat makan, bahkan hampers, dari kayu dan serat alam lainnya sehingga bisa memberikan nuansa alami di rumah. Di sisi lain, jika ingin memperkuat sentuhan modern, produk dekorasi dari sari pati jagung berwarna cerah buatan Liwa Project bisa menjadi pilihan.

Pewarta : SP
Editor : Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024