Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri  RI Retno Marsudi menegaskan kembali dukungan penuh Indonesia terhadap proses aksesi Timor Leste sebagai anggota penuh ASEAN dalam pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) ke-35 di Vientiane, Laos, Selasa.

Sebagaimana pernyataan tertulis Kemlu RI yang diterima di Jakarta, Retno meyakini bahwa sebagai salah satu langkah kunci dalam penguatan integrasi, peran Timor Leste dalam pertemuan-pertemuan dan kebijakan ASEAN patut diperluas.

“Saya rasa tiba saatnya Timor Leste dilibatkan dalam diskusi substantif dan dalam pembentukan prioritas ASEAN,” ucap Retno dalam sambutannya.

Dalam pertemuan yang digelar untuk membahas proses kelembagaan ASEAN menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-44 dan ke-45 ASEAN pada Rabu (9/10) tersebut, Retno menyatakan bahwa perlu dibentuk pula suatu unit dukungan khusus untuk Timor Leste di Sekretariat ASEAN.

Unit tersebut, ucapnya, adalah untuk mendukung pencapaian-pencapaian penting sebagaimana yang ditargetkan dalam peta jalan integrasi Timor Leste ke ASEAN.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RI kembali tegaskan dukungan RI atas aksesi Timor Leste ke ASEAN

Pewarta : Nabil Ihsan
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024