Cilacap (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya di wilayah Samudra Hindia selatan Jabar-DIY.

"Berdasarkan analisis permodelan gelombang, tinggi gelombang di Samudra Hindia selatan Jabar, Samudra Hindia selatan Jateng, dan Samudra Hindia selatan DIY berpotensi mencapai kisaran 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jawa Tengah, Jumat.

Ia mengatakan peningkatan tinggi gelombang tersebut dipengaruhi oleh pola angin di wilayah selatan Indonesia yang secara umum bergerak dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 8-25 knot.

Dalam hal ini, kata dia, hembusan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi dapat memicu peningkatan tinggi gelombang laut.

"Oleh karena itu, kami kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi khususnya di wilayah Samudra Hindia selatan Jabar hingga DIY yang berlaku mulai hari Jumat (11/10) hingga Sabtu (12/10), pukul 07.00 WIB, dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," katanya.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspadai gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024