Moskow (ANTARA) - Satu-satunya cara untuk menghentikan konflik di Timur Tengah adalah dengan mengembargo pasokan senjata terhadap Israel yang menggunakannya untuk melanjutkan pertempuran di Jalur Gaza dan Lebanon, kata Presiden Prancis Emmanuel Macron.

"Prancis telah menyerukan penghentian
ekspor senjata yang digunakan di zona pertempuran ini. Para pemimpin lain di sini juga melakukan hal yang sama. Kami semua tahu bahwa ini adalah satu-satunya cara yang dapat menghentikan (pertempuran) ini sekarang," katanya.

Berbicara pada pertemuan puncak MED9 negara-negara anggota Uni Eropa di Mediterania yang digelar di Siprus, Jumat (11/10), Macron mengklarifikasi bahwa yang dia maksud bukan perlucutan senjata Israel sepenuhnya karena negara Zionis tersebut dinilai masih menghadapi risiko keamanan.

Sebelumnya pada 7 Oktober 2023, gerakan Hamas yang menguasai Jalur Gaza menyerang Israel, penjajah yang menguasai sebagian besar tanah di negeri Bangsa Palestina selama berpuluh tahun.






Sumber: Sputnik-OANA
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Embargo senjata terhadap Israel, solusi tunggal untuk konflik Timteng

Pewarta : M Razi Rahman
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024