Pemain LSI dilarang perkuat Timnas AFF

id timnas

Pemain LSI dilarang perkuat Timnas AFF

Ilustrasi Timnas Indonesia (Foto antaratv.com)

Surabaya (ANTARA Jogja) - Para pemain klub Liga Super Indonesia dilarang memperkuat Tim Nasional PSSI yang disiapkan berlaga di Piala AFF 2012, karena pembentukan Timnas tidak sesuai hasil kesepakatan Komite Bersama yang diputuskan AFC.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal PSSI-KPSI hasil KLB Ancol, Tigor Shalomboboy, dihubungi di Surabaya, Minggu, mengatakan, larangan pemain LSI gabung Timnas AFF merupakan salah satu dari beberapa keputusan rapat Komite Eksekutif pada Sabtu (10/11) malam hingga Minggu dini hari.

"Surat Menpora mengimbau kami (PSSI-KPSI) untuk melakukan koordinasi dengan klub-klub LSI. Namun, kami memutuskan tidak akan melepas pemain ke Timnas dan nantinya akan ada perwakilan yang menemui Menpora," katanya.

Rapat Komite Eksekutif PSSI-KPSI di Hotel Garden Surabaya itu, dihadiri beberapa anggota seperti Diza Ali, Toni Apriliani, Djamal Azis, Erwin Dwi Budiawan, dan La Nyalla Mattalitti.

Selain itu, juga hadir anggota Komite Bersama, yakni Hinca Panjaitan, Togar Manahan Nero, dan Djoko Driyono (CEO PT Liga Indonesia).

Tigor menjelaskan, keputusan melarang pemain gabung Timnas sudah dikoordinasikan dengan klub-klub LSI yang sebelumnya juga telah mengeluarkan larangan serupa.

"Timnas PSSI Djohar sama sekali bukan hasil dari harmonisasi Komite Bersama yang sudah ditetapkan AFC. Manajemen Timnas tidak profesional dan tidak memiliki validitas sebagai manajemen profesional," ujarnya.

Selain itu, katanya, PSSI pimpinan Djohar Arifin sudah melakukan tindakan semena-mena dengan mengirimkan surat kepada AFC, yang menyatakan bahwa tim-tim LSI merupakan tim terhukum.

"Mereka (PSSI) seenaknya menyatakan klub-klub LSI merupakan klub 'suspend' dan terhukum. Tapi, anehnya justru mereka memanggil pemain dari klub-klub LSI untuk gabung Timnas," katanya.

Keputusan lain dari rapat Komite Eksekutif PSSI-KPSI, antara lain pelaksanaan kongres dijadwalkan pada 8-9 Desember 2012 setelah kongres 10 November tertunda dan penetapan jadwal kompetisi Liga Indonesia musim 2013.

"Kongres mendatang juga akan memutuskan tim-tim yang menjadi peserta kompetisi musim 2013," kata Tigor.  

CEO PT Liga Indonesia Djoko Driyono mengatakan, kompetisi LSI dijawalkan mulai berlangsung 5 Januari 2013 dan dilanjutkan Divisi Utama yang digulirkan 13 Januari 2013.

Sebelum kompetisi, PT Liga Indonesia akan menggelar turnamen pramusim "Inter Island Cup" pada Desember 2012 yang diikuti 16 tim dan berlangsung di empat kota, yakni Malang, Palembang, Bandung, dan Samarinda.

(D010)