Timnas Garuda gunakan kostum daur ulang

id timnas garuda gunakan kostum

Timnas Garuda gunakan kostum daur ulang

Kostum baru Timnas Garuda (Foto antaranews.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Timnas Garuda yang akan turun di Piala AFF 2012 di Malaysia, 24 November hingga 1 Desember, akan menggunakan jersey atau kostum daur ulang dari 13 botol plastik air mineral.

Country Marketing Manager Nike Indonesia Nino Priambodo, di Jakarta, Senin, mengatakan kostum dengan warna dasar merah bermotif garis-garis itu merupakan pengganti dari kostum sebelumnya yang dipakai pada Piala AFF 2010.

"Ini adalah hasil karya desainer kami yang didasarkan pada identitas kebangsaan serta budaya," katanya usai lauching jersey baru timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Kostum Timnas Indonesia, kata dia, konsisten menggunakan lambang Garuda dibagian dada sebelah kiri dan pada kostum ini juga terdapat elemen khas warna hijau dibagian lengan dan bawah yang diambil dari inspirasi Timnas Garuda tahun 1950-an.

"Kami sangat bangga menjadi bagian momentum penting dalam dunia sepak bola Indonesia. Kami ingin membantu para atlet mencapai performa terbaik serta berwawasan kebangsaan," katanya.

Launching kostum timnas yang akan digunakan untuk pertandingan internasional berlangsung cukup meriah. Hampir semua pemain timnas terlibat termasuk tiga pemain naturalisasi yaitu Johnny van Beukering, Raphael Maitimo dan Tonni Cussel.

Mereka juga diberikan kesempatan memamerkan kostum barunya diatas panggung yang berada dipinggir lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Wajah gembira nampak diraut wajah anak asuh Nil Maizar itu.

Kostum baru yang dikeluarkan oleh produsen alat olahraga Nike ini disambut baik oleh Bambang Pamungkas. Pemain yang selama ini memegang ban kapten Timnas Garuda menilai kostum baru ini mengalami perubahan dibandingkan sebelumnya.

"Ini adalah edisi kelima kostum timnas yang pernah saya pakai. Cenderung banyak perbaikan dan saat ini cenderung eye catching," kata Bambang Pamungkas saat dimintai komentar.

Menurut dia, dengan bergantinya kostum timnas diharapkan bisa membangkitkan motivasi dan semangat baru bagi persepakbolaan nasional yang selama ini kurang berkembang dengan maksimal.

"Selama ini kita baru bisa meraih empat kali runner up. Jadi kami mohon doa restunya agar timnas jauh lebih baik," kata pemain klub Persija Jakarta itu.

Sementara itu, Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Tunas Dwidharto berharap dengan momen Hari Pahlawan ini diharapkan bisa membangkitkan semangat olahraga Indonesia termasuk sepak bola yang akan menghadapi Piala AFF 2012.

(B016)