Bepe dan Irfan Bachdim lolos sanksi PSSI

id bepe dan irfan bachdim

Bepe dan Irfan Bachdim lolos sanksi PSSI

Bambang Pamungkas (Foto antaranews.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Bambang Pamungkas atau Bepe dan Irfan Bachdim lolos sanksi dari Komisi Disiplin PSSI meski keduanya belum bergabung dengan pelatnas Pra Piala Asia (PPA) 2015 di Medan, Sumatera Utara.

Kondisi dua pemain ini berbeda dengan 22 pemain senior lainnya yang mendapatkan sanksi yang cukup berat dari federasi sepak bola pimpinan Djohar Arifin Husin itu.

"Bepe telah meminta izin untuk sementara waktu. Dia lagi fokus mengurus APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia). Sedangkan Irfan saat ini masih di luar negeri, tapi sudah ijin," kata Anggota Komisi Disiplin PSSI Catur Agus Saptono di Jakarta, Senin.

Berdasarkan keputusan sidang Komisi Disiplin PSSI di Kantor PSSI Senayan Jakarta, 22 yang mangkir dalam pemusatan latihan timnas untuk PPA 2015 tidak boleh beraktivitas sepak bola selama enam bulan serta denda masing-masing Rp100 juta.

Menurut dia, dengan adanya konfirmasi secara resmi ini pihaknya masih memberikan kelonggaran pada Bepe dan Irfan Bachdim. Sedangkan untuk 22 pemain langsung divonis karena tidak ada konfirmasi secara resmi terkait tidak hadirnya di pelatnas.

22 pemain senior yang mendapatkan sanksi, 21 di antaranya adalah pemain ISL seperti Busari, Fachruddin, M. Roby, Zukifli Syukur, Ahmad Bustomi, I Made Wirawan, Atep, M. Ridwan, Tantan, Samsul Arif.

Selanjutnya Ricardo Salampessy, Patrich Wanggai, Immanuel Wanggai, Ian Kabes, Lukas Mandowen, Ortizan Solossa, Victor Igbonefo, Greg Nwololo dan Boaz Solossa.

Sedangkan dua pemain dari kompetisi IPL yang mendapatkan sanksi adalah Irfan Raditya dan Aji Saka. Kedua pemain ini berasal dari klub Arema Indonesia. Hanya saja sanksi Aji Saka langsung dianulir karena pemain ini dipanggil masuk Timnas U-23.

"Sebelum memutuskan sanksi, terlebih dahulu kami melakukan verifikasi termasuk ke manajemen timnas," kata Catur.

Pelatnas PPA 2015 sudah berjalan sejak awal bulan lalu. Pemain yang telah hadir di Medan langsung mendapatkan program latihan dari pelatih timnas Nil Maizar.

Selama pelatnas juga diagendakan beberapa ujicoba baik dengan tim lokal maupun asing.

Setelah menjalani pelatnas dan beberapa pertandingan ujicoba, Timnas Garuda ini akan menjalani pertandingan resmi PPA 2015 Grup C melawan tuan rumah Irak, 6 Februari mendatang.

(B016)