OPEC perkirakan permintaan minyak global menguat

id minyak

OPEC perkirakan permintaan minyak global menguat

Ilustrasi OPEC (financeroll.co.id)

Wina (Antara/AFP Jogja) - Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak menaikkan estimasi permintaan minyak global pada 2013. Selasa, karena melihat tanda-tanda pemulihan ekonomi dunia di tengah musim dingin yang hebat di beberapa kawasan.

OPEC yang memasok sekitar 35,0 persen dari produksi minyak dunia mengatakan pihaknya memperkirakan total permintaan tahun ini menjadi 89,68 juta barel per hari dari estimasi sebulan lalu sebanyak 89,55 juta barel per hari.

Organisasi itu juga menaikkan sedikit perkiraan permintaan pada 2012 menjadi 88,84 juta barel per hari dari 88,80 juta barel per hari yang diperkirakan pada Januari.

Pertumbuhan permintaan dalam sembilan bulan pertama tahun lalu telah terhambat oleh kekhawatiran tentang makroekonomi dan pertumbuhan aktivitas di China yang lebih lemah dari perkiraan, OPEC mengatakan dalam laporan bulanannya.

Tetapi kecenderungan telah berubah dalam kuartal terakhir 2012, terutama di negara-negara berkembang besar, China, Brazil dan India, tetapi juga di Jepang, katanya.

A. Suhendar