Microsoft-P4TK kembangkan pendidikan berbasis teknologi informasi

id microsoft-p4tk kembangkan pendidikan

Microsoft-P4TK kembangkan pendidikan berbasis teknologi informasi

Ilustrasi (Foto kampusupdate.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Microsoft Indonesia menjalin kerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Yogyakarta dalam pengembangan pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

"Kerja sama itu merupakan wujud komitmen kami dalam memajukan pendidikan di Indonesia khususnya bidang teknologi informasi dan komunikasi," kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro di Yogyakarta, Jumat.

Pada penandatanganan nota kesepahaman antara Microsoft Indonesia dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK), ia mengatakan, pendidikan menentukan masa depan Indonesia dan bagaimana negeri ini nanti.

Oleh karena itu, kata dia, transformasi pendidikan adalah faktor utama dalam berkompetisi pada abad ke-21 di mana tenaga kependidikan mempunyai peran penting sebagai agen perubahan.

"Kerja sama itu diharapkan dapat membantu akses digital dan meningkatkan metode pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi bagi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik," katanya.

Menurut dia, ruang lingkup kerja sama itu meliputi dua hal, yakni penyelenggaraan Program Microsoft Partners in Learning dan Program Microsoft Office365 for Education.

Program Partners in Learning bertujuan untuk meningkatkan metode pembelajaran pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik berbasis tekonologi informasi dan komunikasi.

Program Office365 for Education merupakan layanan email gratis dengan menyediakan satu "account" dan "password" untuk akses ke berbagai layanan perangkat lunak Microsoft berbasis internet, di mana pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik dapat menggunakannya sebagai "account" utama mereka.

Ia mengatakan kerja sama itu meliputi dua unit pelaksana teknis dari P4TK, yakni P4TK Matematika dan P4TK Seni Budaya. P4TK Matematika akan diberikan Office365 kepada 1,5 juta anggotanya, sedangkan P4TK Seni dan Budaya diberikan kepada 168 ribu anggotanya.

"Semua anggota akan didaftarkan langsung ke portal Partners in Learning Network di www.pil-network.com, agar dapat menikmati 'software' pendukung pembelajaran gratis dari Microsoft serta referensi dan sumber belajar dari para guru di seluruh dunia," katanya.

Kepala P4TK Matematika Widodo mengatakan, kerja sama itu diharapkan dapat membantu akses digital dan meningkatkan metode pembelajaran bagi para guru melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut dia, P4K Matematika mempunyai visi sebagai pusat unggulan diharapkan apat menghasilkan produk layanan pendidikan matematika dan mengembangkan model diklat yang inovatif.

Selain itu, juga mempunyai nilai tambah bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat pendidikan matematika dalam upaya peningkatan mutu P4TK Matematika sehingga dapat menjadi referensi bagi pelanggan.

"Kami menyadari untuk melaksanakan visi misi tersebut perlu ada program dan akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi bagi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik," katanya.

Kepala P4TK Seni dan Budaya Sardi mengatakan, kerja sama itu diharapkan dapat menjadi dasar bagaimana pendidikan dapat terdistribusi merata khususnya kepada para pendidik yang berada di berbagai daerah.

"Seniman dan pendidik seni dan budaya tersebar di seluruh Indonesia. Teknologi informasi dan komunikasi diharapkan dapat membantu bagaimana pendidikan seni dan budaya dapat lebih menjangkau di seluruh Indonesia," katanya.

(B015)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024