Pangeran Harry capai Kutub Selatan

id pangeran harry capai

Pangeran Harry capai Kutub Selatan

Pangeran Harry (Foto antaranews.com)

London (Antara/AFP Jogja) - Pangeran Harry pada Jumat menjadi anggota kerajaan Inggris pertama yang mencapai Kutub Selatan setelah melakukan perjalanan amal selama tiga pekan bersama para veteran tentara yang cedera dari Inggris, Kanada, Amerika Serikat dan Australia.

Harry bersama 12 orang tersebut mencapai ujung paling selatan bumi setelah melakukan perjalanan sejauh 320 kilometer melintasi Antartika, kata penyelenggara acara "Jalan Bersama Orang Cedera".

"Suatu perasaan yang menakjubkan, benar-benar menakjubkan," kata Harry (29) dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Walking With The Wounded, setelah mereka mencapai kutub.

Pewaris tahta Inggris urutan ke empat itu menambahkan "Suatu perjalanan yang menakjubkan bagi masing-masing mereka. Saya sangat bangga. Saya terhenyak dan beruntung bisa berada di sini bersama mereka, para pria dan perempuan itu."
  
"Saya kira kami akan sedikit berpesta malam ini kemudian mulai memikirkan cara untuk pulang."
  
Ekspedisi tersebut semula akan dilakukan sebagai lomba tetapi kemudian dibatalkan atas alasan keselamatan para peserta, sebagian dari mereka adalah orang-orang yang kehilangan kaki dalam pertempuran di Afganistan dan Irak.

Tim memutuskan untuk melanjutkan jalur yang mereka tetapkan, antara lain dengan menyeret kereta luncur sejauh 70 km di tengah cuaca dingin yang menggigit dan angin kencang.

Harry yang berdinas sebagai pilot helikopter tempur, pada awal pekan ini bercanda mengenai perkiraan mereka akan mencapai kutup pada Jumat tanggal 13. "Bagi orang lain dianggap petaka, tetapi keberuntungan bagi kami".

Mereka harus bertahan menghadapi suhu udara yang rendah hingga minus 35 derajat Celsius dan diterpa angin dengan kecepatan 80 km per jam.

Perjalanan itu diatur oleh "Walking With The Wounded" yaitu badan amal yang melakukan penggalangan dana untuk membantu anggota pasukan yang terluka dan mencarikan karir baru bagi mereka di luar militer.

Harry bergabung dengan badan amal itu dengan mengikuti perjalanan ke Utub Utara pada 2011, tetapi harus pulang lebih awal karena ia menjadi pendamping pernikahan abangnya, Pangeran William dan Kate Middleton.

Meskipun Harry, cucu ratu Elizabeth II adalah anggota kerajaan yang pertama yang berhasil berjalan mencapai kutub, beberapa orang lain di kerajaan Inggris banyak yang sudah menantang hawa dingin membekukan.

Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth pada tahun 1957 mengelilingi Antartika dengan menaiki kapal Britania untuk menapak tilas perjalanan petualang Ernest Shackleton ke kutub di sebuah pulau terpencil di Atlantik di South Georgia.

Bibi Harry, Putri Anne sudah dua kali mengunjungi Antartika dan yang terakhir adalah tahun 2007.

(M007)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024