Bayern hancurkan Freiburg 4-0

id Bayern

Bayern hancurkan Freiburg 4-0

Pelatih Bayern Munich Jupp Heynckes (Foto antaranews.com)

Berlin (Antara/AFP Jogja) - Bayern Munich melakukan pemanasan bagi pertandingan pertama babak 16 besar Liga Champions di markas Arsenal, dengan menghancurkan Freiburg 4-0 pada Sabtu untuk memperbesar keunggulan mereka di puncak klasemen Liga Jerman menjadi 16 angka.

Pelatih Bayern Pep Guardiola - yang timnya memperpanjang laju tidak terkalahkan di liga menjadi 46 pertandingan - mengistirahatkan sejumlah bintangnya menjelang pertemuan dengan The Gunners di London, namun ia masih memainkan sepuluh pemain internasional di tim inti.

"Kami ingin melakukan penampilan bagus sebelum pertandingan melawan Arsenal - sekarang kami tidak sabar untuk Liga Champions," kata kiper Bayern Manuel Neuer.

Bek tengah Brazil Dante membuka kemenangan melalui sundulannya pada menit ke-19, dan pemain Swiss Xherdan Shaqiri menambahi gol kedua pada menit ke-34 setelah operan dari Claudio Pizarro jatuh ke jalur larinya dan ia melesakkan tembakan.

Pemain Swiss itu kemudian mencetak gol keduanya sebelum turun minum, dan penyerang veteran Pizarro menambahi gol keempat dua menit sebelum pertandingan usai.

Pertandingan ini berakhir dengan catatan buruk bagi Shaqiri, di mana ia harus keluar lapangan karena cedera otot paha belakang.

Sementara itu, tim peringkat kedua Bayer Leverkusen, yang akan menjamu Paris Saint Germain di Liga Champions pada Selasa, menelan kekalahan kandang ketika mereka takluk 1-2 dari Schalke 04.

Setelah menelan kekalahan 0-1 di masa tambahan waktu ketika menjamu tim divisi kedua Kaiserslautern pada Rabu di perempat final Piala Jerman, Leverkusen merasakan kekalahan kelimanya dari tujuh pertandingan terakhir.

Tim peringkat keempat Schalke membuka keunggulan ketika gelandang 19 tahun Leon Goretzka mencetak gol pada menit ke-28, sebelum bek tengah Royal Blues membukukan gol bunuh diri pada babak kedua untuk membuat skor menjadi imbang 1-1.

Namun penyerang Belanda Klaas-Jan Huntelaar menanduk gol kemenangan Schalke dari tendangan bebas pada menit ke-74 untuk menghukum Leverkusen, dan membuat Royal Blues menduduki peringkat keempat di klasemen.

    
   Taklukkan Hamburg
Mantan pelatih timnas Belanda Bert van Marwijk berada di bawah tekanan saat Hamburg menelan kekalahan beruntun kedelapan, takluk 2-4 dari tim juru kunci Eintracht Braunschweig.

Ditaklukkan 0-5 oleh Bayern di Piala Jerman pada Rabu, Hamburg sekarang telah menelan tujuh kekalahan berturut-turut di liga.

"Saat ini, pekerjaan saya tidak penting bagi saya, saya hanya berusaha untuk melakukan semua yang saya bisa untuk memgeluarkan Hamburg dari sini," kata Van Marwijk.

Penyerang Pierre-Michel Lasogga membawa Hamburg unggul pada menit ke-23, namun pemain Braunschweig yang berasal dari Republik Demokratik Kongo Dominick Kumbela masuk sebagai pemain pengganti untuk mencetak dua gol.

Gelandang Kroasia Ivo Ilicevic terlihat akan menghapus penderitaan Hamburg dengan gol penyama kedudukan saat pertandingan tinggal menyisakan 14 menit, namun Kumbela melengkapi trigolnya ketika ia menyambar bola saat terjadi kemelut di mulut gawang.

Untuk menambah penderitaan tim tamu, gelandang Jan Hochscheidt mencetak gol keempat Braunschweig - gol ke-51 yang masuk ke gawang Hamburg pada musim ini - pada menit ketiga masa perpanjangan waktu.

Hasil ini membuat Hamburg tetap menghuni peringkat kedua dari bawah, namun sekarang hanya empat angka yang memisahkan lima tim terbawah.

Setelah menang 1-0 di markas Eintracht Frankfurt pada perempat final Piala Jerman pada Selasa, Borussia Dortmund menikmati kemenangan besar 4-0 atas pasukan Armin Veh di liga untuk tetap menduduki peringkat ketiga.

Pemain internasional Gabon Pierre-Emerick Aubameyang, yang menanduk gol kemenangan di Frankfurt, kembali meneror Eintracht dengan dua gol pada 20 menit pembuka.

Penyerang Polandia Robert Lewandowski mencetak gol melalui penalti, sedangkan pemain Serbia Milos Jojic, yang direkrut dari Partizan Belgrade pada Januari, kemudian hanya memerlukan 17 detik untuk mencetak gol perdananya di Liga Jerman pada debutnya untuk Dortmund.

"Itu adalah permainan hebat dan mentalitas hebat dari tim saya, mereka kuat dari detik pertama," kata pelatih Dortmund Jurgen Klopp.
"Kami mencetak gol demi gol di saat yang tepat."

Pemain internasional Polandia Ludovic Obraniak mencetak gol perdananya di Liga Jerman sejak didatangkan dari Bordeaux pada Januri, ketika ia menyamakan kedudukan dua menit sebelum pertandingan usai untuk mengamankan hasil 1-1 saat timnya Werder Bremen menjamu Borussia Moenchengladbach.

Hoffenheim menikmati kemenangan 4-1 atas tamunya VfB Stuttgart, sdangkan pada Jumat Mainz semakin mendekat dengan posisi Liga Europa musim depan berkat kemenangan 2-0 atas Hanover 96 untuk tetap berada di luar enam besar dengan selisih gol.

(H-RF)