25 wirausahawan DIY ikuti audisi UKM WOW

id puspa yoga

25 wirausahawan DIY ikuti audisi UKM WOW

Salah satu produk UKM Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto antarafoto.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Sebanyak 25 wirausahawan kreatif di Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti audisi untuk mendapatkan kesempatan masuk dalam daftar 500 besar usaha kecil menengah Indonesia WOW.

Audisi tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bersama MarkPlus, Inc di Auditorium Radio Republik Indonesia Gejayan, Yogyakarta, Rabu, dalam bingkai acara Indonesia Marketeers Festival 2015 yang dibuka Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga.

"Awalnya kami menerima 45 UKM pendaftar, kemudian kami saring lagi menjadi 25, dan yang akan dipilih 11 UKM saja," kata CEO MarkPlus, Inc, Hermawan Kertajaya.

Dalam kesempatan itu, satu persatu pelaku UKM yang mendapatkan kesempatan mengikuti audisi, mempresentasikan kelebihan, dan upaya yang dilakukan dalam membangun usahanya.

Pemaparan mereka dinilai oleh tim juri antara lain Ketua UMKM DIY, Prasetyo Atmosutedjo, serta pelaku UKM senior Yogyakarta Danang Prihastomo.

Menurut Hermawan UKM terpilih akan difasilitasi tempat untuk memamerkan produk usahanya di Galeri Indonesia WOW yang berada di Gedung Small and Medium Enterprise and Cooperatives (SMESCO) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dalam gedung milik Kementerian Koperasi dan UKM itu, terdapat displai permanen untuk produk koperasi dan UKM unggulan dari seluruh Indonesia dan menjadi "one stop shopping gallery" untuk produk koperasi dan UKM.

Selain mendapatkan sarana pameran, UKM terpilih juga akan disafisilitasi sertifikasi hak cipta secara gratis, pembinaan usaha, serta akses pemasaran ke luar negeri.

"Adapun yang dinilai adalah aspek kewirausahaan, kreativitas, serta produktivitas pelaku UKM," kata dia.

Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga mengharapkan kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing.

Gedung SMESCO, menurut dia, merupakan tempat yang tepat bagi wirausahawan muda untuk menunjukkan keunggulan produk yang dimilikinya.

"Di sana mereka juga nanti akan mendapatkan pelatihan-pelatihan seperti bagaimana memasarkan usaha secara online," kata dia.***1***

(L007)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024