SAR Baron selamatkan dua wisatawan Pantai Ngobaran

id SAR

SAR Baron selamatkan dua wisatawan Pantai Ngobaran

Ilustrasi pencarian korban tenggelam (Foto Antara/Ampelsa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Tim Pencarian dan Penyelamatan dan Perlindungan Masyarakat Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelamatkan dua wisatawan yang nyaris tenggelam di Pantai Ngobaran, Kanigoro, Saptosari, Minggu.

Sekretaris SAR Korwil II Baron Surisdiyanto di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan dua orang yang diselamatkan merupakan ayah dan anak yakni I Dewa Nyoman Suryana (40) dan Dewa Nyoman (15) digulung ombak dan berhasil diselamatkan Tim SAR Linmas Korwil II Baron.

"Kedua korban yang tidak sadarkan diri tersebut berhasil diselamatkan dengan tali dan baju pelamoung. Beruntung kejadian cepat diketahui dan berhasil diselamatkan," kata Surisdiyanto.

Ia mengatakan kedua korban mengunjungi pantai untuk berwisata dengan tujuan Pantai Ngobaran dan Ngrenehan Desa Kanigoro, Saptosari. Keduanya warga asli Bali yang tinggal di kampung Jebres, Solo, Jawa Tengah.

"Keduanya sedang berwisata, dan langsung mandi di laut," katanya.

Suris mengatakan saat mandi mereka terlalu asyik tanpa sadar sudah berada di tengah laut. Saat bersamaan keduanya tergulung ombak ke tengah laut. Beruntung saat kejadian, tim SAR tengah berpatroli.

"Tim yang berpatroli melihat tubuh keduanya terseret ombak langsung mengambil tindakan penyelamatan," kata dia.

Ia mengatakan korban berhasil diselamatkan menggunakan tali dan pelampung. Kemudian dengan menggunakan kapal penyelamat kedua korban dibawa ke pantai dalam keadaan pingsan.

"Korban lalu dirawat dan setelah agak sehat lalu diperbolehkan pulang," katanya.

Dia mengatakan pihaknya sudah memberikan imbauan kepada wisatawan untuk tidak berenang di laut. Namun upaya tersebut tidak dihiraukan oleh pengunjung.

"Imbauan juga dalam bentuk tulisan yang dipasang di sejumlah pantai, tetapi masih banyak wisatawan yang tidak menghiraukan larangan," katanya.

(KR-STR)