1.122 pesepeda meriahkan "Tour de Jogja 2018"

id sepeda

1.122 pesepeda meriahkan "Tour de Jogja 2018"

ilustrasi tour sepeda (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 1.122 pesepeda yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia berpartisipasi pada kegiatan "Tour de Jogja 2018" yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta yang memadukan konsep wisata dan olahraga.

Pelepasan peserta "Tour de Jogja" dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta KGPAA Paku Alam X dengan mengibarkan bendera start di Kompleks Candi Prambanan, Minggu.

"Saya harap unsur-unsur budaya juga diselipkan dalam kegiatan ini. Usahakan untuk tidak mengganggu lajur jalan raya agar tidak menimbulkan kemacetan," kata Paku Alam.

Dalam laman resmi Pemda DIY dijelaskan bahwa Tour de Jogja merupakan ajang sepeda berkonsep "Long Distance Cycling" dengan mengusung tema "Get a bike, get a life".

Rute yang dipilih melintasi seluruh kabupaten yang ada di Yogyakarta dengan harapan dapat merangkul seluruh elemen masyarakat.

Pada ajang Tour de Jogja kali ini, penyelenggara juga mengedepankan perpaduan "sport touris"m.

Para pesepeda melewati berbagai landmark ikonik yang ada di DIY, serta spot-spot pilihan yang menampilkan "gimmick" kejutan untuk menambah semangat para pesepeda.

Selain berkonsep Long Distance Cycling, pada ajang itu juga disertakan konsep Race 7 yakni kategori balap bagi pesepeda yang berminat.

Konsep balap tersebut adalah "up hill challenge" atau lebih dikenal sebagai King of Mountain sejauh tujuh kilometer. Kategori ini dilaksanakan terpisah, dimulai dari Pasar Kenteng, Nanggulan sampai Gua Kiskendo. Selain itu, peserta diajak merasakan sensansi tanjakan khas perbukitan Menoreh.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwiata DIY Aris Riyanta mengatakan kegiatan Tour de Jogja 2018 memang baru pertama kalinya diselenggarakan.

Untuk itu, pihaknya masih mencoba merintis kegiatan ini agar bisa berkembang menjadi kegiatan berskala internasional di tahun-tahun selanjutnya.

"Rute yang ditempuh para pesepeda mencapai 110 kilometer. Konsep kegiatan ini pada intinya dengan bersepeda selain kita bisa berolahraga, sekaligus bisa menikmati destinasi wisata yang dilewati dalam gelaran Tour de Jogja ini," kata dia.





(T.L007)