2.929 calon mahasiswa ikuti UM-PTKIN 2018

id calon mahasiswa

2.929 calon mahasiswa ikuti UM-PTKIN 2018

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Yudian Wahyudi (berdiri kiri) dan Ketua Panitia Pusat UM-PTKIN 2018 Prof Musafir Pababbari meninjau pelaksanaan ujian. (Foto istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 2.929 calon mahasiswa mengikuti seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2018 yang diadakan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa.

"Calon mahasiswa sebanyak itu terdiri atas 240 orang mengikuti seleksi UM-PTKIN dengan pola ujian menggunakan komputer atau 'Computer-Based Test' dan 2.689 orang dengan pola ujian tertulis atau 'Paper-Based Test'," kata Wakil Rektor I UIN Sunan Kalijaga, Prof Sutrisno.

Menurut dia, pelaksanaan ujian mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 12.15 WIB, mereka mengerjakan tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang. Peserta yang memilih IPA dan IPS berakhir pukul 11.30 WIB dan peserta IPC selesai pukul 12.15 WIB.

"UIN Sunan Kalijaga melalui UM-PTKIN 2018 menyediakan 24 program studi yang akan diisi oleh calon mahasiswa baru dengan jumlah kuota 663 kursi," kata Sutrisno yang juga Ketua Panitia Lokal UM-PTKIN 2018.

Ia mengatakan, UM-PTKIN 2018 dilaksanakan bersama secara nasional. Bentuk seleksi UM-PTKIN 2018 itu berdasarkan hasil ujian tertulis yang terdiri atas "Computer-Based Test" dan "Paper-Based Test".

UIN Sunan Kalijaga, menurut dia, menyediakan sarana dan prasarana untuk menyukseskan UM-PTKIN 2018. Ada lima gedung fakultas yang digunakan PBT.

Bagi kelompok IPS lokasi tes di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, dan Fakultas Sains dan Teknologi. Kelompok IPA dan IPC di Fakultas Syariah dan Hukum.

"Untuk CBT dilaksanakan di Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi dan gedung PTIPD kampus timur," kata Sutrisno.

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Dr Ridwan mengatakan, untuk memberlakukan objektivitas dalam ujian, panitia UM-PTKIN memberlakukan prinsip atau standarisasi sistem keamanan yang tinggi dan ketat serta tidak mentolerir upaya kecurangan dalam pelaksanaan ujian, termasuk aksi perjokian.

"Pengumuman hasil kelulusan seleksi UM-PTKIN dijadwalkan pada 10 Juli 2018. Informasi lengkap mengenai UM-PTKIN 2018 bisa diakses di laman https://um-ptkin.ac.id/home/informasi," kata Ridwan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pusat UM-PTKIN 2018 Prof Musafir Pababbari mengatakan peserta seleksi UM-PTKIN 2018 secara nasional tercatat sebanyak 103.000 orang.

"Mereka mengikuti seleksi di 57 PTKIN di seluruh Indonesia," kata Musafir yang juga Rektor UIN Alauddin Makassar.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024