Jalan berpotensi macet dipasang pagar pembatas

id rekayasa lalu lintas, yogyakarta, pagar pembatas ,macet

Jalan berpotensi macet dipasang pagar pembatas

Pemasangan pagar pembatas jalan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas saat libur Lebaran di Yogyakarta (Eka Arifa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mulai melakukan upaya antisipasi peningkatan kepadatan lalu lintas dengan cara memasang pagar pembatas di sejumlah ruas jalan yang berpotensi mengalami kemacetan saat libur Lebaran.
   
“Meski Lebaran masih lama, namun kami sudah mulai melakukan upaya manajemen lalu lintas untuk mengantisipasi peningkatan kepadatan di ruas jalan yang diperkirakan padat,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Yogyakarta, Senin.
   
Salah satu lokasi pemasangan pagar pembatas berada di sepanjang Jalan Pangeran Senopati yang akan dilanjutkan di Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Mataram dan di sekitar pintu masuk utama Gembira Loka Zoo yang berada di Jalan Kusumanegara.
   
Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta berharap, pengguna jalan tidak lagi bisa berputar arah atau memotong arus kendaraan di ruas jalan yang sudah dilengkapi dengan pembatas jalan.
   
“Dengan demikian, hambatan lalu lintas di ruas jalan tersebut dapat dikurangi sehingga arus lalu lintas bisa tetap lancar meskipun padat,” katanya.
   
Selain memasang pagar pembatas, upaya lain yang akan ditempuh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta untuk mengantisipasi kepadatan saat libur Lebaran adalah dengan memasang rambu untuk menginformasikan jalur alternatif serta mengatur durasi lampu lalu lintas.
   
Golkari menyebut, terdapat perbedaan titik kepadatan lalu lintas di Kota Yogyakarta saat sebelum Lebaran dan saat sesudah Lebaran. 
   
Titik kepadatan lalu lintas saat sebelum Lebaran, lanjut dia, biasanya berada di sekitar pusat perbelanjaan seperti di Jalan Urip Sumoharjo, Jalan C Simanjuntak , dan di sepanjang Jalan Malioboro.
   
“Kami juga akan menerjunkan petugas untuk patroli. Misalnya di Jalan Malioboro, banyak ditemui taksi berbasis online yang menaikkan atau menurunkan penumpang. Padahal, di sepanjang jalan tersebut sudah diberi rambu larangan stop. Kami akan bekerja sama dengan kepolisian untuk penindakannnya,” katanya.
   
Sedangkan saat libur Lebaran, lokasi yang diperkirakan mengalami peningkatan kepadatan lalu lintas adalah di sekitar tempat tujuan wisata termasuk di pusat oleh-oleh.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024