Jumlah sapi di DIY mencukupi kebutuhan

id sapi

Jumlah sapi di DIY mencukupi kebutuhan

Ternak sapi. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/kye/17)

Bantul  (Antaranews Jogja) - Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan produksi sapi dari seluruh kabupaten dan kota provinsi ini dapat mencukupi kebutuhan masyarakat atau pengusaha daging setempat terhadap ternak tersebut.
    
"Kebutuhan ternak sapi di DIY per hari-hari rata-rata yang dipotong sekitar 80an ekor, dikalikan sekitar 350 an hari itu kebutuhan sapi setahun," kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) DIY Sasongko di Kabupaten Bantul, Kamis.
    
Menurut dia, populasi sapi dari empat kabupaten dan satu kota di DIY saat ini sekitar 350 ribuan ekor, sehingga jika dihitung kebutuhan sapi DIY dalam setahun yang kurang dari 30 ribuan itu bisa dipenuhi dari daerah sendiri.
    
"Kita cukup, dengan kelahiran (ternak) dengan yang dipotong cukup. Itu (pemotongan 80 sapi per hari,red) untuk mencukupi kebutuhan daging DIY," katanya.
    
Ia menjelaskan, guna menjaga ketersediaan bahkan percepatan peningkatan populasi sapi DIY, pemerintah menggulirkan program Upaya Khusus (Upsus) Sapi Indukan Wajib Buntung (Siwab) dengan layanan Inseminasi Buatan (IB) gratis.
    
"Target sapi yang di IB untuk DIY pada 2018 sekitar 100.800 sapi, namun itu tidak semuanya akan lahir. Targetnya sekitar 80 persen dari sekitar 100.800 sapi yang di IB tersebut akan melahirkan," katanya.
    
Terkait dengan pencapaian program tersebut di wilayah Bantul, Sasongko mengatakan, cukup bagus meski diakui masih banyak petugas lapangan yang belum menyerahkan laporan-laporan ke dinas karena proses masih berjalan.
    
"Tetapi realitas di lapangan cukup bagus, misalnya para petani menyampaikan punya lima ekor ternyata 100 persen sudah bunting, meski belum semuanya, tapi ini bisa memberikan gambaran bahwa kegiatan ini cukup berhasil," katanya.
    
Menurut dia, jenis sapi yang disasar dalam program Upsus Siwab ini disesuaikan dengan keinginan peternak, semua jenis sapi akan dipenuhi, namun diharapkan ternak yang diikutkan adalah sapi yang berkualitas.