Bima Sakti istirahatkan Saddil dari timnas

id bima

Bima Sakti istirahatkan Saddil dari timnas

Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Bima Sakti (tengah) (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Bima Sakti memberikan waktu gelandang Saddil Ramdani guna beristirahat sejenak dari timnas yang saat ini tengah disiapkan untuk Piala AFF 2018.

"Dia sudah tampil di banyak pertandingan seperti di Asian Games 2018 dan Piala U-19 Asia lalu," ujar Bima di Jakarta, Minggu.

Bima melanjutkan, selagi Saddil beristirahat, tempatnya di tim nasional yang disiapkan untuk Piala AFF 2018 digantikan pemain yang sempat bermain untuk klub Kedah FA di Liga Super Malaysia, Andik Vermansah.

Pelatih berusia 42 tahun itu pun berharap Andik, yang sebelumnya tidak termasuk dalam daftar 23 pemain timnas untuk Piala AFF 2018 dapat menampilkan permainan terbaiknya ketika mengenakan seragam bergambar Garuda di dada.

"Mungkin ini rezekinya Andik. Semoga dia dapat membawa aura positif di tim karena bagaimanapun dia berpengalaman di Piala AFF, setelah tampil pada edisi tahun 2016 bersama Andritany Ardhiyasa, Stefano Lilipaly, Hansamu Yama, Evan Dimas, dan Fachruddin Aryanto," tutur Bima.

Meski tidak menyebutkan secara gamblang oleh Bima, alasan di balik waktu istirahat untuk Saddil agaknya tidak jauh dari kasus yang baru saja menimpa pemain berumur 19 tahun tersebut.

Saddil diketahui sempat ditahan kepolisian Lamongan, Jawa Timur, karena diduga menganiaya kekasihnya. Namun belakangan, pemain tim Persela Lamongan di Liga 1 Indonesia itu terbebas dari hukuman setelah korban dikabarkan mencabut aduannya.

Bima Sakti meminta peristiwa tersebut menjadi pelajaran bagi semua pemain sepak bola di Indonesia. 
   
"Itu menjadi pelajaran bagi seluruh pemain, terutama pemain muda. Mereka harus menjaga sikap di dalam maupun di luar lapangan," kata dia.

Terlepas daripada itu, Saddil memang menjadi pemain yang paling sibuk di tim nasional Indonesia. Dia merupakan satu-satunya pesepak bola di tim nasional senior yang membela tiga timnas sekaligus yakni timnas U-19, timnas U-23 dan timnas senior sejak tahun 2017.

Piala AFF 2018 akan digelar mulai 8 November 2018. Tim nasional Indonesia, yang bergabung di Grup B bersama Thailand, Singapura, Filipina dan Timor Leste, mulai bertanding pada Jumat, 9 November 2018, menghadapi Singapura di Stadion Nasional, Singapura. 
    
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sendiri menargetkan Indonesia meraih juara di Piala AFF 2018 tersebut.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024