Total hadiah uang Australia Open naik

id australia open, hadiah uang

Total hadiah uang Australia Open naik

Juara turnamen tenis Australia Open Novak Djokovic berpose dengan tropinya dalam sesi foto di Royal Botanical Gardens di Melbourne, Australia, Senin (28/1/2019). (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Jakarta (ANTARA) - Total hadiah uang yang disiapkan bagi pemain pada Australia Open akan mengalami peningkatan signifikan pada grand slam yang akan berlangsung Januari 2020, yaitu meningkat 13,6 persen menjadi 71 juta dola Australia atau 49,1 juta dolar AS.

Pemenang putra dan putri pada Grand Slam pertama setiap tahun akan membawa pulang hadiah uang sebesar 4,12 juta dolar Australia, hanya naik sedikit dibanding setahun yang lalu. Namun pemain yang kalah pada putaran awal justru memperoleh hadiah uang jauh lebih baik.

Siapa pun yang tersingkir pada putaran pertama akan menerima 90.000 dolar Australia, naik 20 persen, sementara pemain putaran kedua mendapat kenaikan 21,9 persen menjadi 128.000 dolar Australia.

Direktur turnamen Craig Tiley mengatakan setiap putaran akan menikmati persentase kenaikan dua digit, kecuali finalis.

"Tahun ini, seperti kami lakukan setiap tahunnya, kami bekerja sama dengan tur untuk menentukan bobot kenaikan hadiah uang putaran demi putaran, dan kami mendorong untuk memberi penghargaan kepada pemain yang bertanding di awal dalam turnamen pada tunggal maupun ganda," katanya seperti dikutip AFP.

"Kami sangat percaya pada peningkatan hadiah uang pada semua level pertandingan dan kami akan terus bekerja bersama kelompok yang bermain untuk menciptakan jalur karir yang layak dalam olahraga ini dan memungkinkan lebih banyak pemain untuk menghasilkan lebih banyak uang."

Hadiah uang telah meningkat 61,4 persen selama lima tahun terakhir, secara luas sejajar dengan Grand Slam lainnya.

Australian Open akan dimulai di Melbourne Park pada 20 Januari, demikian AFP.