Dovizioso juara GP Austria

id motogp,andrea dovizioso

Dovizioso juara GP Austria

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso merayakan kemenangan seusai balapan Austrian Grand Prix di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu 16 Agustus 2020. Pembalap Ducati Dovizioso berhasil menjadi juara diikuti pembalap Suzuki Joan Mir dan pembalap Ducati Jack Miller. ANTARA FOTO/REUTERS/Lisi Niesner/aww.

Jakarta (ANTARA) - Andrea Dovizioso membuktikan dirinya belum terkalahkan di Grand Prix Austria setelah pada Minggu menjuarai balapan di Sirkuit Red Bull Ring itu untuk ketiga kalinya meski balapan sempat tertunda insiden kecelakaan mengerikan.

Joan Mir meraih podium pertamanya di MotoGP dengan mempersembahkan finis runner-up untuk Suzuki setelah memanfaatkan kesalahan Jack Miller yang melebar di tikungan terakhir jelang finis.

Pebalap tim Pramac itu kehilangan tempat kedua dan harus puas melengkapi podium di peringkat tiga, demikian laman resmi MotoGP.

Dovizioso sekaligus menegaskan kekuatan Ducati yang selalu menang di sirkuit itu sejak 2016 di saat sang pebalap Italia itu memutuskan untuk 'bercerai dengan Ducati' setelah akhir musim ini.

Miller sejatinya tampil impresif sejak start dari P2 dan mengambil pimpinan lomba dari Maverick Vinales

Namun baru berjalan sembilan putaran, balapan harus dihentikan setelah insiden kecelakaan yang melibatkan Franco Morbidelli dan Johann Zarco.

Morbidelli menabrak Zarco dari belakang ketika melaju menuju Tikungan 3 hingga kedua motor melayang ke tikungan. Valentino Rossi dan Vinales yang berada di tikungan tersebut beruntung terhindar dari motor yang melayang dengan kecepatan tinggi itu.

Zarco menyintas kecelakaan itu dan mampu kembali ke garasi sementara Morbidelli harus ditandu oleh petugas medis.

Balapan diulang dengan 20 lap tersisa dengan Espargaro start terdepan di grid.

Tanpa membuang waktu Miller, yang terpaksa menggunakan ban soft-soft karena kehabisan kompon medium, melesat ke depan setelah restart, sementara Vinales sepertinya mengalami kendala dengan motornya dan justru melorot ke P20.

Kru tim KTM terkejut melihat dua pebalapnya, Espargaro dan Miguel Oliveira terjatuh di Tikungan 4 ketika balapan menyisakan 12 putaran. Espargaro melebar dan berusaha masuk ke lintasan namun menyenggol pebalap tim KTM Tech 3 itu.

Kejadian serupa yang dialami Espargaro dengan Zarco di Brno akhir pekan lalu, namun kali ini kedua pebalap KTM itu terjatuh dan gagal finis.

Brad Binder menghibur KTM dengan penampilan impresifnya, finis P4 setelah start dari P17.

Valentino Rossi menjadi pebalap Yamaha yang finis teratas hari itu di P5, mengungguli Takaaki Nakagami dan Danilo Petrucci.

Vinales yang sempat terkendala di awal restart, finis P10 di belakang Fabio Quartararo dan Iker Lecuona.

Test rider Ducati Michele Pirro ditugasi menggantikan Francesco Bagnaia (Pramac Racing) yang cedera lutut.

Sedangkan Marc Marquez juga melewatkan balapan untuk ketiga kalinya setelah cedera tulang humerus di GP Spanyol dan digantikan sementara oleh test rider Honda Stefan Bradl.



Dengan hasil itu Dovi naik ke peringkat dua klasemen, sementara Quartararo masih bertahan di pucuk dengan keunggulan 11 poin dari rival terdekatnya itu.

Sementara itu di kelas Moto2 Enea Bastianini tergeser dari puncak klasemen ke peringkat dua menyusul insiden kecelakaan yang melibatkan empat pebalap di awal lomba.

Siaran ulang menunjukkan Bastianini terjatuh setelah keluar Tikungan 1. Ia kehilangan kendali motornya ketika melaju di trek yang menanjak hingga terjatuh.

Hafizh Syharin yang berada di rombongan belakang tidak dapat menghindari motor Bastianini yang terjatuh di jalurnya dan seketika tabrakan keras kedua motor terjadi.

Edgar Pons dan pebalap Indonesia Andi Farid Izdihar juga terlibat. Setelah cek medis, Bastianini, Pons dan Izdihar tu dinyatakan bebas dari cedera namun tidak restart lomba.

Demikian pula Syahrin yang harus menjalani pemindaian CT untuk mengecek ada tidaknya retakan.

Jorge Martin membawa KTM menjuarai balapan di sirkuit kandangnya itu, menggalahkan Luca Marini dan Marcel Schrotter yang melengkapi podium hari itu.

Martin naik ke peringkat tiga klasemen yang kini dipimpin oleh Luca Marini untuk tim Sky Racing VR46 dengan total 78 poin, unggul lima poin dari Bastianini.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024