De Ligt cedera

id Piala Eropa 2020, Timnas Belanda,Matthijs de Ligt

De Ligt cedera

Bek tengah Belanda Matthijs saat laga persahabatan melawan Skotlandia di Stadion Algarve din Faro, pada persiapan Piala Eropa, 2 Juni 2021. (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Jakarta (ANTARA) - Belanda cemas dihadapkan oleh kemungkinan mendapatkan pukulan besar karena potensi cedera bek Matthijs de Ligt yang tertatih-tatih saat latihan Sabtu dan mengeluhkan sakit selangkangan, padahal Euro 2020 tinggal delapan hari lagi.

Pelatih Frank de Boer mengatakan mereka terpaksa menunggu kepastian tingkat cedera sang pemain.

Namun potensi absennya bek tengah akan menjadi pukulan serius bagi tim yang sudah kehilangan bek andalannya, Virgil van Dijk.

"Dia sudah mengalami sejumlah masalah pada selangkangannya kemarin (Jumat), jadi dia tak mau mengambil risiko sedikit pun. Kami harus menunggu dan melihat," kata De Boer kepada wartawan menjelang laga pemanasan terakhir melawan Georgia hari ini.

De Boer juga kembali mempertahankan keputusannya tidak memanggil kiper nomor satu Jasper Cillessen karena infeksi COVID-19. Langkah ini dikritik pemain ini lewat media setempat.

"Saya mempertahankan keputusan saya," kata De Boer seperti dikutip Reuters. Mengaku tak parah oleh komentar Cillessen, dia berkata, "Itu reaksi yang emosional. Bisa dimengerti."

"Anda mesti membuat pilihan. Kami akan bermain dalam sebuah turnamen. Semua orang harus 100 persen bugar. Dia mungkin masih memerlukan satu atau dua pekan (untuk sepenuhnya bugar)."

Belanda yang juara Eropa pada 1988 mengawali Euro 2020 mereka dengan melawan Ukraina di Amsterdam pada 13 Juni, disusul menjamu Austria dan kemudian Makedonia Utara.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024