De Ligt absen bela Timnas Belanda

id euro 2020,matthijs de ligt,timnas belanda,piala eropa 2020

De Ligt absen bela Timnas Belanda

(Dari kiri ke kanan) Donny van de Beek, Matthijs de Ligt dan pelatih kondisi Rene Wormhoudt menjalani latihan dengan timnas Belanda di KNVB Campus, Zeist, Belanda. (7/6/2021) (ANTARA/AFP/Maurice Van Steen)

Jakarta (ANTARA) - Belanda akan menjalani laga perdana mereka di EURO 2020 melawan Ukraina pada Minggu tanpa diperkuat Matthijs de Ligt karena bek Juventus itu baru saja pulih dari cedera pangkal paha, demikian ungkap pelatih Frank de Boer.

"Terlalu dini jadi kami tidak ingin mengambil risiko apapun dengan dia dan kami juga masih memiliki dua pertandingan lain di fase grup ," kata De Boer di jumpa pers pralaga seperti dikutip AFP, Sabtu.

"Cederanya tidak terlalu parah dan kami yakin dia akan memainkan peran di pertandingan selanjutnya."



De Ligt telah melewatkan pertandingan pemanasan terakhir untuk EURO 2020 melawan Georgia akhir pekan lalu dan absennya sang pemain menjadi pukulan berat karena timnas Belanda tiba di turnamen Piala Eropa kali ini tanpa bek utama mereka Virgil van Dijk.

Bintang Liverpool itu sedang memulihkan diri dari cedera lutut serius.

De Boer juga datang ke turnamen tanpa kiper Jasper Cillessen, yang tak bisa membela skuad mereka karena kedapatan positif Covid-19.

Kiper veteran Maarten Stekelenburg (38) akan mengambil alih tugas menjaga mistar, lebih diutamakan ketimbang kiper Norwich City Tim Krul.

"Dia nomor satu kami saat ini," kata De Boer soal Stekelenburg, yang membela timnas ketika kalah dari Spanyol di final Piala Dunia 2010.



Belanda kembali ke turnamen bergengsi setelah gagal lolos kualifikasi EURO 2016 dan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Mereka akan memainkan semua laga mereka di Grup C di Amsterdam, dengan kunjungan dari Ukraina pada Minggu diikuti laga melawan Austria pada Kamis dan kemudian Makedonia Utara pada 21 Juni.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024