Hati-hati hujan lebat landa Indonesia

id Prakiraan cuaca,BMKG,Hujan

Hati-hati hujan lebat landa Indonesia

Pengendara sepeda motor melintas saat hujan di Jalan Raya Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/8/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem pada Minggu (1/8) di 22 wilayah, diantaranya memprediksi sembilan wilayah seperti Aceh, Banten dan Jawa Timur berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, sementara 12 wilayah lainnya seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah diprediksi berpotensi turun hujan disertai petir sampai angin kencang. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, pada Sabtu.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Sabtu, disampaikan potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Papua Barat.

Dikemukakan BMKG, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Bengkulu hingga Sumatera Barat, di Jawa Tengah, di NTT bagian Timur.

Kemudian juga terpantau di Kalimantan bagian Selatan, di Maluku, dari Papua hingga Papua Barat dan di perairan
Utara Papua-Papua Barat.

"Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," papar BMKG.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021