Perusahaan Jateng diganjar membangun PLTS Atap

id perusahaan,plts

Perusahaan Jateng diganjar membangun PLTS Atap

Penandatanganan kontrak kerja sama pembangunan PLTS Atap antara PT TSN dengan PT DAP (ANTARA/HO-TSN)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Duta Abadi Primantara (PT DAP) mengganjar kepercayaan kepada PT Tripower Solar Nusantara (PT TSN) asal Semarang, Jawa Tengah, sebagai perusahaan EPC (Engineering-Procurement-Construction) untuk menggelar Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Pabrikan PT DAP dengan daya lebih dari 600 Kwh.

PT DAP dikenal oleh kalangan pebisnis dan keluarga Indonesia sebagai perusahaan manufaktur spring bed terkenal berkelas dunia yang memproduksi merek terkemuka seperti King Koil, Serta, Tempur, Florence, dan Winner Spring Bed juga Beding Accessories. 

Kepercayaan yang diberikan oleh PT DAP juga tidak lepas dari peran serta PT Bumi Pertiwi Semesta Raya selaku mitra dari PT Tripower Solar Nusantara untuk mengembangkan bisnis EBT pada industri, perumahan, dan gedung komersial di area Jabodetabek.

CEO PT Tripower Solar Nusantara Tedi Wintoko dalam siaran pers yang diterima di Yogyakarta, Rabu, menyatakan bahwa PLTS Atap yang dibangun di pabrik matras ternama ini akan menggunakan total kapasitas terpasang sebesar 646 kWP yang bertujuan memberikan efisiensi penggunaan energi yang berasal dari fosil, serta mewujudkan industri ramah lingkungan dengan mengurangi Co2 yang dihasilkan dari penggunaan energi listrik.

Perusahaan EPC asal Semarang ini juga tengah membangun PLTS Atap di institusi pemerintah di Jawa Tengah, beberapa pabrik sekitar Yogyakarta, Solo, dan kawasan industri di pesisir utara Jawa bahkan hingga Bali.

"Kami ingin turut mendukung Pemerintah Indonesia untuk mencapai target 23 persen bauran EBT pada 2025, juga membantu pelaku industri untuk segera transisi ke 'green energy' dan 'clean energy'," kata Tedi Wintoko pada saat penandatanganan kontrak kerja sama pembangunan PLTS Atap dengan PT DAP.

PT DAP tidak salah mempercayakan kepada PT Tripower Solar Nusantara sebagai mitra kerja untuk mendampingi pemakaian EBT bagi perusahaan yang telah berusia lebih dari 30 tahun dengan reputasi kelas dunia, dan pada tahun 2022 , setidaknya sudah mengantongi komitmen pembangunan PLTS Atap lebih dari 100 MW di berbagai lokasi.

Beberapa pihak telah menjadi mitra strategis PT Tripower Solar Nusantara pada tahun ini juga di antaranya telah menggandeng Kampus Akademi Tehnik Mesin Indonesia (ATMI) Solo menjadi mitra kerja untuk riset, pengembangan dan instalasi PLTS Atap, kerja sama dengan perbankan dalam pembiayaan dan investasi melalui Green Fund, menggandeng investor Crypto melalui Token Hijau yang akan diresmikan tahun ini juga.

Melalui Program Indonesia Terang, PT Tripower Solar Nusantara juga akan menggelar PLTS Atap di desa, kampus, rumah sakit, pondok pesantren, perusahaan multinasional, dan kawasan industri.