UGM: Penutupan RSDC bukti BUMN/pemerintah berhasil menangani COVID-19

id Erick Thohir, kementerian bumn, dukungan bumn,Rsdc wisma atlet

UGM: Penutupan RSDC bukti BUMN/pemerintah berhasil menangani COVID-19

Petugas kebersihan membersihkan salah satu ruangan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Senin (26-12-2022). RSDC Wisma Atlet Kemayoran akan berhenti beroperasi secara bertahap per tanggal 31 Desember mendatang karena menurunnya kasus COVID-19 di Indonesia. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) Rustamaji mengatakan penutupan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) pada akhir Desember 2022 merupakan bukti pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berhasil menangani COVID-19.

"Ini merupakan indikasi yang sangat baik atas usaha pemerintah dan BUMN menekan penularan COVID-19 di Indonesia," kata Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Rustamaji melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pemerintah berencana menghentikan operasional RSDC Wisma Atlet yang didirikan pemerintah bersama dukungan Kementerian BUMN pada tanggal 31 Desember 2022.

Peran BUMN dalam penanganan COVID-19 di Indonesia, dinilai Rustamaji strategis dan vital. Bahkan, ketika pandemi COVID-19 mengalami lonjakan, hampir seluruh BUMN mengambil peran aktif.

Tidak hanya BUMN bidang kesehatan, tetapi BUMN nonkesehatan juga turut membantu pemerintah memberikan layanan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19. Bantuan nyata yang dilakukan misalnya pendanaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan maupun masyarakat.

"Dengan bantuan BUMN, membuat penanganan COVID-19 makin cepat terselesaikan," kata dia.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024