Alumni LPDP ajak pemuda bangun IKN

id LPDP,PT PII,IKN,Kemenkeu

Alumni LPDP ajak pemuda bangun IKN

Diskusi bertajuk "Peran Pemuda sebagai Penyangga IKN untuk Mendukung Percepatan Pembangunan yang Berkelanjutan" di Jakarta, Sabtu (08/04/2023). (ANTARA/HO-Kementerian Keuangan)

Jakarta (ANTARA) - Mata Garuda, sebagai wadah pemuda alumni beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Pemerintah Indonesia, bersama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII mendorong partisipasi pemuda dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Langkah tersebut dilakukan dengan mengadakan diskusi bertajuk "Peran Pemuda sebagai Penyangga IKN untuk Mendukung Percepatan Pembangunan yang Berkelanjutan" di Jakarta, Sabtu (8/4), yang juga melibatkan PT Pembangunan Perumahan atau PTPP.

Dalam kesempatan tersebut, seperti dikutip dari resmi di Jakarta, Kamis, Ketua Mata Garuda periode 2022-2024 Leonardo Henry Gavaza mengatakan forum diskusi ini memberikan kesempatan bagi penerima LPDP dan alumni untuk terlibat dalam pembangunan IKN melalui pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh melalui program beasiswa LPDP.

"Acara ini juga dapat menjadi forum untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan para pemuda lainnya tentang peran mereka dalam pembangunan IKN," kata Leonardo.

Dengan komposisi lebih dari 53 persen dari total populasi Indonesia, Leonardo menilai pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung keberlanjutan proyek-proyek strategis pemerintah, termasuk pembangunan IKN.

Sementara itu, Direktur Utama PT PII Wahid Sutopo menyampaikan, sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, PT PII berkomitmen dalam mendukung penyediaan infrastruktur di IKN, khususnya melalui penjaminan proyek Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Kebutuhan pembangunan di IKN sebagian besar akan dibangun di luar pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga melibatkan pihak swasta melalui skema pembiayaan inovatif, salah satunya KPBU, serta memberikan fasilitas untuk penyiapan dan pelaksanaan transaksi pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) Ibu Kota Negara Lama.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Alumni LPDP dan PT PII dorong partisipasi pemuda dalam pembangunan IKN
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024