Potensi melon kualitas ekspor tengah dikembangkan

id Kabupaten Malang, Pemdes Karangpandan,Pengembangan Potensi Desa, Potensi Desa,Buah Melon,Melon Ekspor

Potensi melon kualitas ekspor tengah dikembangkan

Komoditas buah melon premium kualitas ekspor yang tengah dikembangkan Pemerintah Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ANTARA/HO-Pemdes Karangpandan)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur mengembangkan potensi komoditas buah melon yang memiliki kualitas ekspor, dengan memperluas areal tanam menggunakan tanah kas desa (TKD).

Kepala Desa Karangpandan Djumain di Kabupaten Malang, Senin mengatakan, dengan melihat potensi komoditas buah melon premium yang memiliki kualitas ekspor tersebut, pemerintah desa berencana untuk memperluas areal tanam dengan menggandeng petani setempat.

"Melihat prospek dan hasilnya, budidaya melon akan kita kembangkan secara massal ke para petani buah yang ada," kaya Djumain.

Djumain menjelaskan, program ketahanan pangan yang telah diinisiasi oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemedesa PDTT) yang mendorong Dana Desa diprioritaskan sebesar 20 persen sejak 2022 dinilai cukup strategis.

Menurutnya, melalui program tersebut pemerintah Desa Karangpandan memutuskan untuk melakukan budidaya buah melon berkualitas ekspor tersebut. Keputusan itu diambil usai melakukan diskusi dengan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kecamatan Pakisaji.

“Program Ketahanan Pangan di Desa Karangpandan untuk 2022 dengan berdiskusi bersama sejumlah pihak khususnya TPP akhirnya pilihannya budidaya buah melon," katanya.


 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024