Pemkot-IPB atasi stunting via "Go-Roasting"

id Bogor,IPB, stunting,ipb stunting

Pemkot-IPB atasi stunting via "Go-Roasting"

Wakil Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Dedie Abdul Rachim saat sambutan pembukaan kegiatan pertama Go-Roasting, di Aula Masjid Al-Iman, Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/5/2023). ANTARA/HO-Pemkot Bogor

Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat menggandeng IPB University untuk mengatasi kekerdilan pada anak-anak atau stunting dengan program Gotong Royong Atasi Stunting Kota Bogor (Go-Roasting).

Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB University Sofyan Sjaf saat melaksanakan kegiatan Go-Roasting perdana, di Aula Masjid Al-Iman, Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jumat, mengatakan stunting ini dalam keilmuan masuk dalam ketahanan keluarga yang sudah dibedah, dianalisis melalui riset, baik penanganannya maupun pencegahannya.

"Riset dan analisis merupakan fungsi pendidikannya melalui penelitian sudah dilaksanakan IPB, dan hari ini adalah fungsi pengabdian. Jadi ini merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi bersama pengabdian yang kemudian didorong agar bersama masyarakat kita mengantisipasi persoalan stunting. Mudah-mudahan program ini juga bisa terus berlanjut hingga go nasional," katanya pula.

Sofyan menyampaikan, Kecamatan Bogor Barat menjadi wilayah pertama diterapkannya program Go-Roasting sebagai upaya pentahelix untuk penanganan stunting dan pencegahan stunting di lima kelurahan yang juga akan berlanjut ke tingkat kota. Kegiatan ini diharapkan pula dapat diterapkan di tingkat nasional.

Ia berharap persoalan stunting ini bisa turun signifikan dan tidak terjadi kasus baru melalui penanganan dan pendekatan yang dilakukan secara sains.

Ketua Departemen IKK IPB University Tin Herawati yang juga Koordinator IPB Peduli Stunting mengatakan, kegiatan Go-Roasting ini meliputi refreshing bagi para kader, edukasi keluarga, pemberian makanan tambahan, dan dapur peduli keluarga.

Ketua Percepatan Penanganan Stunting Kota Bogor yang juga Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, Pemkot Bogor selama ini terus berjuang dalam upaya menurunkan stunting dan mencegah adanya kasus baru. Program yang baru-baru ini dilaksanakan adalah ASN Peduli Stunting dengan berbagi satu setengah kilogram telur untuk mengintervensi 1.000 anak selama enam bulan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Bogor menggandeng IPB atasi stunting
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024