Gunungkidul targetkan 54.438 wisatawan selama libur panjang

id Dinas Pariwisata Gunungkidul ,Gunungkidul

Gunungkidul targetkan 54.438 wisatawan selama libur panjang

Objek wisata Pantai Ngandong, Kabupaten Gunungkidul. ANTARA/Sutarmi

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan 54.438 wisatawan selama libur panjang, 1-4 Juni 2023, dengan pendapatan asli daerah sebesar Rp407 juta.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono di Gunungkidul, Kamis, mengatakan selama libur panjang ini, ada potensi lonjakan kunjungan wisata.

"Pada libur panjang ini, kami targetkan sebanyak 54.438 wisatawan," kata Harry Sukmono.

Ia mengatakan dari total target kunjungan tersebut, perolehan pendapatan asli daerah (PAD) diproyeksikan sebesar Rp407,7 juta. PAD ini berasal dari retribusi wisata.

Harry mengatakan ada persiapan khusus yang dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan wisata. Persiapan melibatkan berbagai unsur seperti Polri, TNI, SAR, Dinas Perhubungan, hingga Satpol-PP.

"Untuk mengantisipasi kemacetan di tempat pemungutan retribusi, kami menerjunkan 75 personel untuk pengamanan selama libur panjang," katanya.

Harry Sukmono mengatakan mayoritas wisatawan yang masuk ke Gunungkidul berkunjung ke pantai. Pantai di Gunungkidul panjangnya lebih dari 70 kilometer yang membentang dari timur sampai barat. Wisatawan banyak pilihan untuk menikmati suasana pantai yang sesuai dengan yang diinginkan.

"Mayoritas wisatawan liburan ke pantai, sekitar 90 persen," katanya.

Koordinator TPR Baron Sumarja mengatakan ada peningkatan kunjungan pada hari ini. Namun belum signifikan.

"Kalau dibandingkan hari biasa jelas lebih ramai, tapi ini kondisinya masih wajar," katanya.

Sumarja memperkirakan akan ada 3 ribu wisatawan hingga 16.00 WIB. Namun angka tersebut hanya untuk wisatawan yang melintas di TPR Baron. Mereka datang dari berbagai wilayah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Belum termasuk wisatawan yang lewat TPR JJLS dan TPR Tepus," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dispar Gunungkidul targetkan 54.438 wisatawan selama libur panjang