Kembangkan UMKM, BI-Bank Dunia siapkan modul

id Digital Financial Service,Bank Dunia,Bank Indonesia

Kembangkan UMKM, BI-Bank Dunia siapkan modul

Tangkapan layar - Analis Eksekutif Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Irene Heniwati memberi sambutan dalam webinar bertajuk, “Program Literasi Keuangan Ibu Berbagi Bijak 2023” oleh Visa yang diselenggarakan secara daring, dipantau dari Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA/Aplikasi tangkapan layar

Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia bersama Bank Dunia menyiapkan modul pelatihan layanan keuangan digital atau Digital Financial Service dalam rangka mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Buku ini berisi langkah-langkah praktis bagi UMKM untuk mengakses layanan keuangan digital,” ujar Analis Eksekutif Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Irene Heniwati di Jakarta, Kamis.

Pernyataan tersebut ia sampaikan ketika memberi sambutan dalam webinar bertajuk, “Program Literasi Keuangan Ibu Berbagi Bijak 2023” oleh Visa yang diselenggarakan secara daring.

Selain memberikan langkah-langkah praktis bagi UMKM untuk mengakses layanan keuangan digital, Irene juga mengatakan bahwa modul tersebut juga akan mencakup langkah-langkah bagi para pelaku UMKM untuk mengakses produk yang mendukung pengembangan usaha.

Dikutip dari dokumen resmi ringkasan laporan Bank Dunia bertajuk, “Bukan Sekedar Unicorn: Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Inklusi di Indonesia”, pengembangan Digital Financial Service bertujuan untuk mempromosikan solusi pembayaran keuangan dan pembayaran digital.

Dalam laporan tersebut juga dijelaskan bahwa Digital Financial Service bertujuan untuk melayani bagian masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dan/atau di mana layanan bank tidak mencukupi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI dan Bank Dunia siapkan modul untuk kembangkan UMKM
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024