Perguruan tinggi diminta rancang MBKM mandiri

id LLDIKTI XVI kampus rancang MBKM mandiri

Perguruan tinggi diminta rancang MBKM mandiri

Kepala Layanan Lembaga  Pendidikan Tinggi Wilayah XVI Munawir Sadzali Razak S.Ip, MA. ANTARA/Jorie Darondo (1)

Manado (ANTARA) - Kepala Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wikayah XVI Munawir Sadzali Razak S.Ip, MA mengatakan, pihaknya memperbanyak kegiatan-kegiatan yang mendorong kampus untuk merancang sendiri program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sifatnya mandiri.

“Pada tahun 2024, kami memperbanyak kegiatan yang mendorong kampus merancang program MBKM yang sifatnya mandiri,” kata Munawir usai menghadiri wisuda Institut Teknologi Mineasa (ITM) di Tomohon, Sulawesi Utara, Kamis (19/10).

Munawir mengatakan untuk itu harus ada ide-ide dari kampus dalam sembilan bentuk kegiatan pembelajaran.

Seperti kegiatan magang, studi independen, kegiatan proyek kemanusiaan, mengajar di sekolah, proyek-proyek di desa.

“Itulah yang harus dirancang oleh kampus termasuk dalam mencari mitra. Kampus harus mencari mitra yang menjadi partner dalam program tersebut,” katanya.

Dia menambahkan jadi memang harus butuh inovasi, kreativitas, ide-ide segar dari kampus melaksanakan program itu.

Terkait dalam pendampingan MBKM, Munawir mengatakan, baru-baru telah mengundang semua perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah tersebut, diberikan penguatan-penguatan melalui Bimtek reorientasi kurikulum.

“Harapannya, program MBKM ini dilakukan secara mandiri, tidak lagi dilihat sebagai kebijakan eksekutif dari kementerian, tetapi muncul dari kesadaran kebutuhan kampus untuk mempersiapkan lulusannya untuk bisa menembus dunia kerja,” katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024