Ini trik bikin "latte" ala Restu Sadam

id Restu sadam,seni late,latte art

Ini trik bikin "latte" ala Restu Sadam

Seniman late yang juga Juara ILAC 2019 dan 2021 Restu Sadam Hasan memberikan pelatihan pembuatan seni late pada Jakarta Coffee Week 2023 yang digelar di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (04/11/2023). ANTARA/Uyu Septiyati Liman

Jakarta (ANTARA) - Seniman latte atau latte artist Restu Sadam Hasan membagikan tip membuat seni latte bagi para pemula, salah satunya dengan pengenalan terhadap bahan-bahan yang digunakan untuk membuat latte.

"Pertama, kenali dulu bahannya. Jadi, bahannya ada apa? Ada susu, kopi, serta beverage yang lain, seperti coklat dan sebagainya,” ujar Restu saat ditemui ANTARA pada Jakarta Coffee Week 2023 di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu.

Ia mengatakan pengenalan bahan bagi para pemula yang ingin mendalami seni menciptakan pola atau desain di permukaan latte diperlukan karena setiap bahan memiliki jenis dan karakteristiknya masing-masing.

Sebagai contoh, lanjut dia, susu sebagai salah satu bahan dalam pembuatan seni late memiliki beragam jenis, yaitu fresh milk (susu segar), susu UHT (Ultra High Temperature), dan alternative milk (susu alternatif, seperti susu kedelai).

Selain susu, Restu mengatakan bahwa agar bisa menjadi seniman latte yang dapat membuat minuman dengan rasa yang konsisten, kualitas serta takaran kopi yang digunakan juga harus diperhatikan.
 

Menurut dia, pemilihan alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan latte, seperti cangkir, milk jug (wadah penuang susu), dan mesin kopi, juga harus dilakukan dengan seksama agar para pembuat seni latte dapat bekerja dengan nyaman.

"Harus benar-benar dipikirkan bagaimana cangkir yang nyaman untuk pouring (menuang milk foam/busa susu di atas kopi) karena diameter dan ketinggian cangkir berpengaruh untuk kenyamanan saat menggambar," ucap Restu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Seniman "latte" Restu Sadam sebut pemula perlu kenali bahan dahulu

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024