Cintai budaya Indonesia, SBY nobar wayang kulit

id sby di kediri, berita sby di kediri

Cintai budaya Indonesia, SBY nobar wayang kulit

Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono saat nonton bareng wayang kulit bersama warga di Desa Kempleng, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. ANTARA/HO-Partai Demokrat

Kediri (ANTARA) - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) nonton bareng pergelaran wayang kulit bersama warga di Desa Kempleng, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Sabtu (2/12) malam.

SBY didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga Ketua Partai Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak, Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio, dan anggota DPRD Jatim Subiyanto.

SBY berbaur dengan warga desa sambil menikmati pergelaran wayang kulit yang menampilkan dalang kondang Ki Rudi Gareng dengan mengangkat cerita Tumurune wahyu godho wesi inten.

SBY yang mengenakan batik lengan panjang warna cokelat mendapat sambutan antusias dari warga Desa Kempleng, Kecamatan Purwoasri.

Pada kesempatan itu, SBY mengaku sangat senang hadir ke pergelaran wayang kulit tersebut karena selalu cinta kepada budaya Indonesia, khususnya seni pewayangan.

"Saya ingin menyapa kembali saudara-saudara saya rakyat Indonesia yang ada di Desa Kempleng, Kecamatan Purwoasri, Kediri," kata SBY dalam keterangan tertulis yang diterima di Kediri, Minggu.

SBY mengatakan wayang memang harus dilestarikan sebagai seni budaya unggulan yang banyak menceritakan kehidupan manusia dan refleksi kehidupan masyarakat bangsa dan negara.

"Makanya kita harus hormati para seniman, juga dalang-dalang yang terus melestarikan seni pewayangan," katanya.

Pada tahun politik, saat sedang berlangsung pemilu presiden dan pemilu legislatif, SBY juga mengajak masyarakat untuk mendoakan presiden Indonesia mendatang dapat memimpin Indonesia dengan sebaik-baiknya dan menyejahterakan masyarakat.

Ia juga memberi acuan kepada masyarakat seperti apa seharusnya seorang pemimpin itu sesuai tokoh-tokoh pewayangan.

"Karena saya mencintai rakyat, saat saya mendapatkan amanah dari rakyat, saya selalu ingat nilai-nilai pewayangan kalau kamu jadi pemimpin, termasuk seorang presiden harus punya tiga sifat, " ungkap SBY.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: SBY nonton bareng wayang kulit di Kediri
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024