27 anak SMA ikuti tur gratis dalam lapas

id Jakarta Utara, Jurnalis Jakarta Utara

27 anak SMA ikuti tur gratis dalam lapas

Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta Akhmad Sobirin Soleh (kanan) mendampingi peserta praktik pelatihan Jurnalis Jakarta Utara (JJU) Mengajar 2023 menemui anak binaan di lapas khusus anak di Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2024). ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham DKI

Jakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta memberikan tur gratis ke dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta kepada 27 anak SMA se-Jakarta Utara, Sabtu.

Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta Akhmad Sobirin Soleh di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa Kelompok Kerja Jurnalis Jakarta Utara (JJU) membawa puluhan anak SMA se-Jakut untuk praktik pelatihan jurnalistik, JJU Mengajar 2023.
 
"Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga menurunkan empat personel dari penyuluh hukum dan perancang peraturan perundang-undangan untuk mendampingi peserta JJU Mengajar selama tur, dan eksplorasi ruang-ruang kegiatan anak binaan LPKA Jakarta serta mewawancarai petugas maupun anak binaan," kata Sobirin.

Pada tahun 2024, kata Sobirin, akan kembali melanjutkan kegiatan-kegiatan pendidikan formal dan pendidikan informal terhadap anak binaan LPKA Kelas II Jakarta.
 
Ia mengatakan bahwa pendidikan formal kepada anak binaan berupa kerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) terkait dengan kegiatan Kelompok Belajar (Kejar) Paket A, Paket B, dan Paket C setara dengan tingkat SD, SMP, SMA di luar lapas.
 
Sementara itu, pendidikan informal yang diberikan kepada anak binaan berupa kegiatan budi daya perikanan dan pertanian, sablon, menjahit, pembuatan roti, dan kegiatan lain-lain.
 
"Yang sudah berjalan adalah kegiatan PKBM, yaitu Kejar Paket A, Paket B, dan Paket C. Untuk kegiatan keterampilan, kami menyesuaikan dengan postur anggaran yang ada," kata Sobirin.
 
Sobirin berharap pada bulan Februari 2024 sudah terlaksana kegiatan keterampilannya.
 
Ia menyebutkan jumlah anak binaan yang ada di LPKA Kelas II Jakarta saat ini sebanyak 81 orang. Mereka ditempatkan di 24 kamar dengan kapasitas antara empat dan lima orang.

Selanjutnya, daya tampung maksimal LPKA Kelas II Jakarta sebanyak 125 orang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkumham DKI berikan 27 anak SMA se-Jakut tur gratis dalam lapas