Program RAN Pijar cetak generasi emas Indonesia

id RAN Pijar, kesejahteraan anak dan remaja, Indonesia emas, Kemenko PMK

Program RAN Pijar cetak generasi emas Indonesia

Deputi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Warsito (kiri). (ANTARA/HO-Kemenko PMK)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyebut program Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja (RAN Pijar) bakal menjadi peta jalan dalam upaya mencetak generasi emas bangsa.

"RAN Pijar dapat menjadi rujukan agar program kesejahteraan anak usia sekolah tidak tumpah tindih dan terpadu dalam menjalankan program," ujar Deputi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Warsito di Jakarta, Rabu.

Warsito mengatakan RAN Pijar yang diluncurkan pada 2022, menjadi bentuk komitmen pemerintah dalam membangun SDM unggul berkualitas menuju Indonesia Maju dengan sasaran anak usia sekolah dan remaja.



Menurutnya, anak usia sekolah dan remaja merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dibimbing dan dibina kembang tumbuhnya, sehingga ke depan bangsa Indonesia tidak kehabisan generasi yang kompeten serta berdaya saing.

Rencana aksi ini disusun untuk memberikan kesempatan belajar dan berkontribusi aktif dalam masyarakat yang secara khusus menyasar kelompok anak usia sekolah dan remaja berusia 8-17 tahun.

"Berdasarkan Sensus Penduduk 2020, jumlah penduduk berusia 8-23 tahun mencapai 75 juta jiwa atau 27,94 persen dari total populasi Indonesia. Jumlah sangat banyak itu sangat menentukan kemajuan dan arah bangsa di masa depan," kata 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenko PMK: Program RAN Pijar jadi peta jalan cetak generasi emas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024