Universitas di Inggris minat garap sektor pendidikan di IKN

id oikn,otorita ikn,kampus,inggris,tertarik,masuk,sektor pendidikan,ibu kota nusantara,ikn

Universitas di Inggris minat garap sektor pendidikan di IKN

Titik nol kawasan Kota Nusantara di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)

Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan kampus dari Inggris tertarik untuk masuk ke sektor pendidikan di Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kampus internasional lain cukup banyak, Akan ada universitas dari Inggris yang menyampaikan LOI," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa.

Agung menambahkan, kampus dari Inggris tersebut sudah sudah menyampaikan LOI dan akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

"Saya belum sampaikan sekarang, tapi dari Amerika Serikat sudah dan Inggris serta nanti juga akan banyak lagi universitas-universitas lain yang memang targetnya pendidikan ini menjadi sektor ke depan," katanya.

Dalam kesempatan sama, Juru Bicara OIKN Troy Pantouw mengatakan bahwa Australia pun tertarik untuk masuk ke dalam dunia pendidikan di Nusantara, Kalimantan Timur.

"Bahkan tadi dalam acara dengan pihak pemerintah Australia di Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, dan juga akan masuk salah satunya ke dunia pendidikan di IKN," kata Troy.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kotab Nusantara menyatakan bahwa Pembangunan lbu Kota Nusantara diarahkan untuk mendukung perwujudan tujuan nasional dalam berbangsa dan bernegara sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yakni mendukung perwujudan Visi Indonesia 2045, yaitu Berdaulat, Maju, Adil, dan Makmur, serta cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi negara berpendapatan tinggi sehingga mampu menjadi bagian dari lima besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2045.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: OIKN: Kampus dari Inggris tertarik masuk ke sektor pendidikan di IKN