Gunung Semeru meletus tiga kali

id Semeru erupsi, Gunung semeru erupsi, erupsi semeru

Gunung Semeru meletus tiga kali

Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (9/3/2024) pukul 08.28 WIB (ANTARA/HO-PVMBG)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur mengalami erupsi tiga kali dengan letusan setinggi hingga 1 kilometer pada Sabtu.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Liswanto dalam laporan tertulisnya menyebutkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Semeru pada 9 Maret 2024 pukul 08.28 WIB, pukul 07.06 WIB, dan pukul 06.23 WIB.   

"Pada pukul 08.29 WIB tercatat tinggi kolom letusan teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 4.676 meter di atas permukaan laut," katanya.

Menurutnya kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut dan saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung.

Sebelumnya pada pukul 07.06 WIB juga terjadi erupsi Semeru dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 700 meter di atas puncak atau 4.376 meter di atas permukaan laut.  

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah utara dan saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung.

Erupsi sebelumnya juga terjadi pada pukul 06.23 WIB dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 800 meter di atas puncak atau sekitar 4.476 meter di atas permukaan laut.  

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Semeru erupsi tiga kali dengan letusan hingga 1 km
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024