Presiden China beri selamat Prabowo

id xi jinping,prabowo subianto,china,indonesia,pemilu

Presiden China beri selamat Prabowo

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian saat menyampaikan keterangan kepada media di Beijing, China pada Kamis (21/03/2024) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat atas penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

"China mengucapkan selamat kepada Pak Prabowo Subianto atas kemenangan pemilu presiden. Presiden Xi Jinping telah mengirimikan pesan ucapan selamat," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian saat menyampaikan keterangan kepada media di Beijing, China pada Kamis.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 menyatakan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 dengan perolehan suara 96.214.691.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 27.040.878  suara sehingga total surat suara sah, menurut KPU berjumlah 164.227.475 suara.

"China dan Indonesia adalah teman dan tetangga tradisional. China sangat mementingkan hubungannya dengan Indonesia," ungkap Lin Jian.

Lin Jian menyebut China siap bekerja sama dengan Indonesia untuk meneruskan persahabatan tradisional kedua negara.

"Kami memperdalam kerja sama strategis komprehensif dan mencapai kemajuan yang lebih besar dalam membangun komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama untuk membawa lebih banyak manfaat bagi kedua negara dan kedua bangsa," tambah Lin Jian.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Xi Jinping ucapkan selamat atas kemenangan Prabowo Subianto
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024