Derita flu singapura, jangan sembarang gunakan antibiotik

id Flu singapura,hfmd,Singapura ,Puskesmas Jakarta ,Puskesmas Kramat Jati

Derita flu singapura, jangan sembarang gunakan antibiotik

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Nina Dwi Putri, Sp.A(k), M.Sc mempresentasikan ruam HFMD dalam diskusi daring bertajuk “Mengupas mitos dan fakta terkait Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD)” bersama Puskesmas Kramat Jati, Kamis (28/3/2024). ANTARA/Tangkapan layar

Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Nina Dwi Putri, Sp.A(k), M.Sc mengimbau para orang tua tak sembarang memberikan antibiotik atau antivirus kepada anaknya saat terserang flu singapura atau "Hand Foot and Mouth Disease".

“Virusnya kan ada 4, sayangnya nggak ada antivirus yang spesifik. Jadi tidak perlu diberi antivirus. Antibiotik juga tidak berpengaruh," kata Nina dalam diskusi daring bertajuk “Mengupas mitos dan fakta terkait Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD)” bersama Puskesmas Kramat Jati, Kamis.

Secara umum, Nina menjelaskan cara pengobatan dari HFMD adalah mengobati keluhan yang diderita. "Jangan sembarangan langsung minum antibiotik atau antivirus," katanya.

Misalnya, penderita mengalami demam maka dokter akan memberikan obat demam. Terkait virusnya, Nina mengatakan, kekebalan tubuh akan dengan sendirinya memerangi virus tersebut.

“Sebenarnya ada vaksinnya tapi masih dikaji. Ini kita masih menunggu apakah pemerintah akan menjadikan sebagai kebijakan atau tidak karena masih banyak penyakit lain,” kata Nina.

Apabila sudah terserang HFMD, Nina juga mengatakan seseorang masih berpeluang kembali mengalami penyakit tersebut. "Sebab virus ini juga dapat menular dan tak hanya dapat dialami oleh anak-anak saja," katanya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jangan sembarang gunakan antibiotik saat alami flu singapura
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024